PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRRODUK PIXY DI KARAWANG

  • Livia Dwi Lestari Handayani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kosasih Kosasih Universitas Singaperbangsa Karawang
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

The growth in the business world and today's increasingly competitive competition, every company must have a creative and strategic innovation so that consumers make purchasing decisions for their products. Marketing strategies that can be carried out by companies are providing information to consumers through advertisements, the use of Celebrity Endorsers in advertising is expected to attract consumers' attention and make a product have a strong brand image because brand image is a valuable company asset. The purpose of this study was to determine the effect of Celebrity Endorser and Brand Image on purchasing decisions. This study used descriptive and verification methods with a sample of 170 respondents using purposive sampling technique. The analysis used in this research is scale range analysis and path analysis. Based on the results of this study, it shows that Celebrity Endorser and Brand Image have an effect on purchasing decisions both partially and simultaneously, meaning that the better the Celebrity Endorser and the Brand Image, the purchase decisions will increase and the more Pixy will increase the promotion through Celebrity Endorser and Brand Image on Pixy products, Purchases of Pixy products will also increase.


Pertumbuhan pada dunia bisnis serta persaingan saat ini semakin kompetitif, setiap perusahaan harus memiliki inovasi yang kreatif dan stategi agar konsumen melakukan keputusan pembelian terhadap produknya. Stategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan adalah memberikan informasi kepada konsumen melalui iklan, penggunaan Celebrity Endorser dalam beriklan diharapkan dapat menarik perhatian konsumen serta membuat suatu produk mempunyai citra merek yang kuat karena citra merek adalah suatu aset perusahaan yang berharga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan sampel 170 responden menggunakan teknik sampling purposive sampling. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis rentang skala dan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Celebrity Endorser dan Brand Image berpengaruh terhadap keputusan pembelian baik secara parsial dan simultan artinya semakin baik Celebrity Endorser dan Brand Image maka keputusan pembelian akan meningkat, semakin Pixy meningkatkan promosi melalui Celebrity Endorser dan Brand Image pada produk Pixy maka Pembelian akan Produk Pixy pun akan meningkat.

References

A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta : Salemba Empat
Achmad Kuncoro, Ridwan. 2011. Cara Menggunakan dan memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta.
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Annis Kiswalini, I Ketut Nurcahya. 2014. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitar Udayana Bali, Vol 3, No 6.
Augusty Ferdinand. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu manajemen, Edisi 5. UNDIP : AGF Books.
Helena Hermawati Prayuana, Anik Lestar Andjarwati. 2013. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Irfan Bachdim dan Event Sponsorship Terhadap Citra Merek Minuman Isotonik Pocari Sweat. Vol 1, No 1 : Jurnal
Jasa Suatma. 2013. Analisis Stategi Inovasi Atribut Produk dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Skuter Matik Merek Honda Vario di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, Vol 5, No 2.
Khoiriyah Indra Cahyani, Rr. Endang Sutrasmawati. 2016. Pengaruh Brand Awarness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, Vol 5, No 4.
Kotler, Philip. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 15. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2018. Principles of Marketing, 17th Edition. Publish by Pearson Education.
Muhamad Kamal Muktamar. 2014. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Wimcycle Agent Series (Studi kasus pada: Wimcycle).
Ni Made Rahayu Wulandari, I Ketut Nurcahya. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 4, No 11.
Royan, Frans M. (2005). Marketing Celebrities: Selebriti Dalam Iklan Dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Cetakan ke-26. Bandung : Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Bogor : Ghalila Indonesia.
Published
2020-12-29
How to Cite
HANDAYANI, Livia Dwi Lestari; KOSASIH, Kosasih. PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRRODUK PIXY DI KARAWANG. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 407-417, dec. 2020. ISSN 2580-3743. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/748>. Date accessed: 20 jan. 2021. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v8i4.748.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.