Sistem Informasi Geografis Titik Daerah Rawan Bencana dan Jalur Evakuasi di Sumatera Barat Berbasis Android

  • Marutti Buana Buana Promgram Studi Sistem Informasi Universitas Dharma Andalas
  • Zulfahmi Zulfahmi Universitas Dharma Andalas
  • Sularno Sularno Universitas Dharma Andalas
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Bencana alam adalah kejadian luar biasa yang diakibatkan oleh alam yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak. Bencana tersebut adalah gempa bumi, tsunami, tanah longsor, banjir dan banjir bandang. Kota Padang merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana dan memiliki banyak wilayah rawan. Dengan fakta tersebut, Pemerintah Kota Padang khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah membuat sejumlah kawasan rawan bencana dan titik jalur evakuasi bagi warga Kota Padang. Oleh karena itu dibuatlah Sistem Informasi Geografis untuk menampilkan titik-titik daerah rawan bencana dan jalur evakuasi dengan menggunakan metode algoritma Dijkstra berbasis Android. Sehingga warga Kota Padang mengetahui titik lokasi rawan bencana dan keberadaan jalur evakuasi. Aplikasi ini dapat ditampilkan secara online dan offline.

References

[1] Astri, R dan D.I. Mazni. 2020. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Jalur Evakuasi Dan Edukasi Bencana Tsunami Berbasis Android Pada Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Jurnal Georafflesia., 5 (1) : 96 -103
[2] Irwansyah, E. (2013). Sistem Informasi Geografis : Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi. Yogyakarta: Digibooks.
[3] Juhara, Z.P. (2016). Panduan Lengkap Pemograman Android. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
[4] Bekti, H.B. (2015). Mahir Membuat Website Dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS Dan JQuery. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
[5] Hartati, S. (2014). Pemanfaatan Electronic Goverment Dalam Pemberdayaan Pemerintah Dan Potensi Desa Berbasis Website Pada Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan. Technology Acceptance Model, 11-20.
[6] Lavarino, D dan W. Yustanti. (2016). Rancang Bangun E-Voting Berbasis Website Di Universitas Surabaya. Manajemen Informatika, 72-81.
[7] A,S,R , Shalahuddin, M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. 2018.
Published
2021-06-21
How to Cite
BUANA, Marutti Buana; ZULFAHMI, Zulfahmi; SULARNO, Sularno. Sistem Informasi Geografis Titik Daerah Rawan Bencana dan Jalur Evakuasi di Sumatera Barat Berbasis Android. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 440-447, june 2021. Available at: <https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1200>. Date accessed: 28 july 2021.
Section
Articles