Sistem Informasi Komoditas Sereh Wangi Realtime Berbasis Mobile Website

  • Retno Herning Setiati Universitas Dharma Andalas
  • Zulfahmi Zulfahmi Universitas Dharma Andalas
  • Faradika Faradika Universitas Dharma Andalas
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Sektor pertanian memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan juga memiliki wilayah potensial lahan agraris. Kegiatan pertanian memiliki ruang lingkup yang luas yang tentu saja menunjang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu ruang lingkup pertanian ialah kegiatan perkebunan pada tumbuhan semusim seperti sereh wangi (Citronella). Selain hasil perkebunan, sereh wangi juga dapat diproduksi menjadi minyak sereh (Citronella Oil). Sebagai bahan ekspor utama, minyak sereh mengalami kenaikan. Namun sistem distribusi saat ini masih terfragmentasi dan tersekat-sekat, sehingga harga dan pendapatan petani pada saat pendistribusian juga terancam.Oleh karena itu dibuatlah sebuah sistem informasi penjualan dengan menggunakan sistem lelang dan realtime dalam menentukan harganya dan sesuaikan dengan jumlah pesanan atau kebutuhan konsumen. Pada sistem ini terdapat input data panen yang akan memberikan kemudahan untuk petani dalam menentukan waktu tanam dan menhindari panen yang serentak sehinggan hasil panen sesuai kebutuhan konsumen.

References

[1] A, S. R., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan
Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
[2] A. Sulthoni, U. A. (2015). Sistem Informasi E-Commerce Pemasaran Hasil Pertanian Desa Kluwan Berbasis Web. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (E-Bisnis).
[3] Astri, R., Sularno, & Mazni, D. I. (2019). Skenario Rute Evakuasi Zona Aman Tsunami Kelurahan. Seminar Nasional Peranan Iptek Menuju Industri Masa Depan (PIMIMD-5).
[4] Badan Pusat Statistik. Statistik Indonesia 2019. 0126-2912. 2019.
[5] Bappenas. (2014). Penyusunan RPJMN 2015-2019 Bidang Pangan dan Pertanian.
[6] BAPPENAS, D. P. 2020. Rencana Strategis Kementerian Pertanian 2020-2024. KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA, 62.
[7] Prayoga, K. 2015. Aplikasi Digital Pertanian: Geliat Pemberdayaan Petani di Era Virtual. Program Magister Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Sekolah Pascasarjana.
[8] Sularno, Anggraini, P., & Razi, M. (2019). Implementasi Website Promosi Dan Penjualan Pada Asosiasi. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis.
Published
2021-06-21
How to Cite
SETIATI, Retno Herning; ZULFAHMI, Zulfahmi; FARADIKA, Faradika. Sistem Informasi Komoditas Sereh Wangi Realtime Berbasis Mobile Website. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 409-419, june 2021. Available at: <https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1189>. Date accessed: 28 july 2021.
Section
Articles