Sistem Informasi Indeks Produksi dan Hasil Pemeliharaan Broiler

  • Fina Alfionita Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Ramalia Noratama Putri Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Tunas Satwa Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang ayam pedaging (broiler). PT Tunas Satwa Mandiri juga melakukan kerjasama dengan masyarakat sekitar yang ingin bermitra dengan perusahaan dengan perjanjian kontrak sarana dan prasarana ditentukan oleh perusahaan sebagai inti dan peternak(mitra) sebagai plasma. Dalam hal pemeliharaan ayam pedaging (broiler) pihak inti dan plasma melakukan pengelolaan pemeliharaan untuk mendapatkan indeks pemeliharaan dan hasil pemeliharaan yang bagus, akan tetapi, konvensionalnya pengumpulan data dan informasi yang masih dilakukan perusahaan dan plasma sehingga sangat terbatas dan kurang efektif. Oleh karena itu, solusi yang diterapkan untuk mendapatkan data dan informasi secara realtime adalah membangun aplikasi berbasis mobile android dengan rancangan sistem analis dan desainnya menggunakan metode unified approach. Aplikasi dibangun dengan bahasa Kotlin, software Integrated Development Environment (IDE) Android Studio, Google Firebase sebagai server dan Cloud Firestore sebagai database untuk membangun sistem informasi pengelolaan hasil pemeliharaan plasma. Hasil dari penelitian in adalah terintegrasinya informasi yang tersistem dalam pemeliharaan broiler secara cepat, tepat dan realtime.

References

[1] H. Solehah. “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Ayam Potong (Broiler) Dengan Metode Full Costing Pada Peternakan Abshar Selaku Mitra Usaha Cv. Mutiara Sinar Abadi Samarinda”. eJournal Ilmu Adm. Bisnis. 2016; vol(4): 1-14.
[2] R. N. Putri and D. Setiawan. “Prototipe Pakan Ayamotomatis Menggunakan Metode Backpropagation Berbasis Jaringan Syaraf Tiruan”. JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng. 2018; vol(2): 45-50.
[3] N. Hasanah, Z. Fanani, and H. Utami. “Analisis Finansial Pendapatan Peternak Plasma Broiler Open House System”. J. Ilmu Peternak. Terapan. 2018; vol(1): 70-76.
[4] E. P. S. Murti, Ariani Trisna. “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usaha Peternakan Broiler Pola Kemitraan Di Kabupaten Blitar” J. OPTIMA. 2017; vol(1): 12-22.
[5] F. Faraj, A. F. Rochim, and R. Kridalukmana.“Pengembangan dan Implementasi Aplikasi Pengawasan Ternak Berbasis Android di Peternakan Bukit Aren Farm Majalengka”. J. Teknol. dan Sist. Komput. 2015; vol(3): 544-551.
[6] R. N. Putri. “Sistem Informasi Pengadaan Barang pada Rumah Sakit Umum Daerah Sawahlunto dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Java Didukung oleh Database MySql”. J. Edik Inform. 2017; vol(2): 63–78.
[7] G. R. Paraya and R. Tanone. “Penerapan Firebase Realtime Database Pada Prototype Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android”. J. Tek. Inform. dan Sist. Inf. 2018; vol(4): 397–406.
[8] I. W. S. dan I. P. A. A. Maharatih, N. M. D. “Analisis Performance Usaha Ternak Ayam Broiler Pada Model Kemitraan Dengan Sistem Open House”. J. Trop. Anim. Sci. 2017; vol(5):407–416.
[9] R. Suryanti. “Keberlanjutan Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging Pada Pola Kemitraan Sustainability Of Broiler Farming On Partnership Pattern”. J. Pangan. 2019; vol(28).
[10] D. Hariyanto and F. Prasetyo. “Penerapan Metode Unified Approach Pada Sistem Informasi Akademik Berbasis Website”. J. Khatulistiwa Inform. 2019; vol(7): 22–28.
Published
2021-06-21
How to Cite
ALFIONITA, Fina; PUTRI, Ramalia Noratama. Sistem Informasi Indeks Produksi dan Hasil Pemeliharaan Broiler. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 360-371, june 2021. Available at: <https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1182>. Date accessed: 28 july 2021.
Section
Articles