Scan Rfid Untuk Pembuka Pintu Otomatis Berbasis Arduino

  • ilham ilham program studi teknik informatika , fakultas ilmu komputer , universitas nurdin hamzah jambi
  • Aldi Syah Putra Universitas Nurdin Hamzah
  • Muh Subur Rahayu3 Universitas Nurdin Hamzah
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat memicu munculnya berbagai teknologi baru yang salah satunya adalah RFID. RFID ( Radio Frequency Identification) adalah suatu proses identifikasi benda atau objek dengan menggunakan frekuensi transmisi radio. RFID merupakan suatu teknologi baru, dan akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi rangkaian terintegrasi, maka dapat dipastikan bahwa tag RFID dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang. . Tentunya hal ini dimaksudkan untuk lebih mempermudah manusia untuk melakukan pekerjaannya sehari-hari , Ditambah dengan kebutuhan sistem yang semakin canggih dan makin banyak pula alat-alat komunikasi maupun alat bantu manusia yang harus kita kembangkan menjadi lebih efektif.Arduino adalah sebuah pengendali mikro board tunggal yang memiliki sifat terbuka (open source). Pengendali ini dirancang untuk mempermudah penggunaan dalam berbagai bidang elektronik. Hardware arduino mengandung prosesor jenis Atmel AVR, dan memiliki bahasa pemrograman tersendiri. –Efektif dan efisien adalah cara yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan aktifitas, misalnya dalam hal membuka pintu yang berukuran besar, tentunya membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak.

References

[1] muhamat syahwil 2010 panduan mudah simulasi dan praktek mikrokontrolerarduino uno DI yokyakarta indonesia 9 agustus 2013
[2] Oktariawan, Imran "Pembuatan Sistem Otomasi Dispenser Menggunakan Mikrokontroler Arduino Mega 2560". Skripsi. Lampung: Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Lampung, 2013.
[3] Saidul. Skripsi, Pengontrolan pH Air Secara Otomatis, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014
[4] Tampubolon, Friedolin Hasian. Perancangan Switching Power Supplay Untuk Mencaru Sistem Pensaklaran IGBT Pada Inverter”. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia, 2010.
[5] Ahmad, Ali "Otomatisasi Pengisi Gula Pada Kantong Plastik Berbasis Mikrokontroler”. Skripsi. Surabaya: Jurusan Teknik Elektronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, 2014.
Published
2021-06-21
How to Cite
ILHAM, ilham; PUTRA, Aldi Syah; RAHAYU3, Muh Subur. Scan Rfid Untuk Pembuka Pintu Otomatis Berbasis Arduino. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 355-359, june 2021. Available at: <https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1181>. Date accessed: 28 july 2021.
Section
Articles