Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lahan Pertanian yang Tepat Untuk Tanaman Jagung Menggunakan Metode Moora (Studi Kasus Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai)

  • Liasna Br.Sembiring STMIK Kaputama Binjai
  • Akim Manaor Hara Pardede STMIK Kaputama Binjai
  • Lina Arlina Nur Kadim STMIK Kaputama Binjai
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Lahan merupakan syarat yang harus di perhatikan dalam budidaya tanaman jagung. Kualitas hasil produksi suatu tanaman pangan khususnya tanaman jagung sangat bergantung pada kualitas lahan yang akan digunakan. Jika pada awal pemilihan lahan untuk pengembangan suatu tanaman pertanian tidak produktif dan tidak sesuai dengan keperluan suatu komoditas, maka akan terjadi kerugian nantinya.  Sistem pendukung keputusan merupakan salah satu produk perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan. MOORA (Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis) merupakan salah satu yang dapat melakukan perhitungan terhadap nilai kriteria atribut yang membantu pengambil keputusan untuk menghasilkan keputusan yang tepat. Sistem ini menggunakan bahasa pemprograman PHP dan untuk databasenya menggunakan MySQL. Kriteria yang digunakan dalam menentukan lahan pertanian yang tepat untuk tanaman jagung meliputi Temperatur rata-rata (°C),KTK(Kapasitas Tukar Kation) (me/100gr), pH, N-Total (%), P2O5 Tersedia (ppm), K2O tersedia (me/100gr), Ketinggian tempat (mdpl). Berdasarkan hasil perhitungan dari sepuluh lahan pertanian yang menjadi alternatif didapatkan alternatif ke-1 (A1) merupakan alternatif yang memiliki nilai tertinggi dibanding dengan alternatif lainnya.

References

[1] Agung, ginting. (2020). Penerapan metode multi-objective optimation on the bassis of ratio (moora) dalam sistem pendukung keputusan penentuan kadar minyak mentah. Stmik kaputama.
[2] Ardi. (2018). Sistem pendukung keputusan pemilihan siswa/i teladan dengan menggunakan metode multi-objective optimiation on the basis of ratio analisis (moora). Stmik budi darma medan.
[3]. bunafit. (2005). Database relational dengan mysql.
[4]. Kusrini. (2007). Konsep dan aplikasi sistem pendukung keputusan. Elex media komputindo.
[5]. Jogiyanto. (2005). Analisis & desain sitem informasi : pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Andi.
Published
2021-06-21
How to Cite
BR.SEMBIRING, Liasna; HARA PARDEDE, Akim Manaor; NUR KADIM, Lina Arlina. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lahan Pertanian yang Tepat Untuk Tanaman Jagung Menggunakan Metode Moora (Studi Kasus Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai). Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 277-285, june 2021. Available at: <https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1170>. Date accessed: 28 july 2021.
Section
Articles