Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Prioritas Perbaikan Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar di Kota Binjai Menggunakan Metode MOORA

  • meli alisia STIMIK KAPUTAMA BINJAI
  • Budi Serasi Ginting STMIK Kaputama Binjai
  • Mili Alfhi Syari STMIK Kaputama Binjai
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Sarana dan Prasarana Sekolah sangat penting dalam menunjang ilmu. Pengambilan keputusan selalu berkaitan dengan ketidak pastian dari hasil yang diambil. Sistem Pendukung keputusan dikembangkan untuk mengurangi faktor ketidak pastian tersebut dengan mengolah sebuah informasi menjadi sebuah alternatif pemecahan suatu masalah. Metode yang dapat diterapkan dalam sistem pendukung keputusan yaitu Multi-objective optimization on the basic of ratio analisys (MOORA). Untuk mengetahui proses pengolahan informasi sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode MOORA penulis menggunakan studi kasus menentukan pemilihan sarana dan prasarana dengan kriteria jumlah PTK, jumlah siswa , jumlah guru, jenis sarana dan prasarana, kerusakan, jumlah kelas, jumlah laboratorium, dan jumlah perpustakaa, serta  160 (seratus enam puluh) sekolah dasar di kota Binjai yang digunakan. Setelah semua nilai kriteria dimasukkan maka hasil pengolahan dengan metode MOORA akan diranking dan ranking tertinggi yang akan dipilih. Hasil perankingan dari alternatif yang digunakan bahwa SD AL FITIYAH termasuk kedalam pemilihan sarana dan prasarana memiliki nilai terbesar pada A55 dengan ranking 1.

References

[1]. Aldi Muharsyah, (Computer, 2018b), Pada Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan Metode Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA)
[2]. Aldi, dkk, (Computer, 2018b), Pada Jurnal Riset Komputer (JURIKOM) Teknik Informatika STMIK Budi Darma Medan, ISSN 2407-389X, Metode Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA)
[3]. Andi. 2012. Adobe Dreamweaver CS6 dan PHP – Mysql untuk pemula, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offest.
[4]. Dwika Assrani, dkk, (Computer, 2018a),. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), Vol.5 No.1, Bulan Februari 2018 Penentuan Penerimaan Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)
[5]. Kusrini. 2009. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi, Yogyakarta,
[6]. Mira Chandra Kirana (2016), Pada jurnal ilmiah Politeknik Batam p-ISSN : 2085-3858, Penerapan Analytical Hirearcy Process Pada Sistem Pendukung Keputusan Pengalokasian Anggaran Biaya Sarana dan Prasarana Sekolah
[7]. Muhamad Muslihudin, Dkk, (Komputer, 2013).. Pada jurnal STMIK Pringsewu Lampung, Sistem Pendukung Keputusan Penerima Kelayakan Rehap SMP Pada Dinas Pendidikan Kabubaten Priengsewu menggunakan Metode SAW
[8]. Nugroho (2011, h. 511), “kamus data merupakan salah satu bagian yang terintegritasi pada DBMS bertipe relasional yang penyimpanan data atau informasi mengenai basis data, termasuk nama-nama devinisi untuk setiap tabel pada basis data”.
[9]. Utami, dkk. 2012. Sistem Basis Data Menggunakan Microsoft SQL Server 2005.
Andi, Yogyakarta.
Published
2021-06-20
How to Cite
ALISIA, meli; GINTING, Budi Serasi; SYARI, Mili Alfhi. Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Prioritas Perbaikan Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar di Kota Binjai Menggunakan Metode MOORA. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 56-66, june 2021. Available at: <https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1129>. Date accessed: 28 july 2021.
Section
Articles