PENGENALAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF


Abstract
Bahasa Inggris menjadi bahasa standar international untuk berkomunikasi antar penduduk berbagai negara. Banyak sekolah formal maupun informal dan orang tua yang mulai mengajarkan pada anak pentingnya Bahasa Inggris. Kendala yang biasanya terjadi saat belajar diantaranya tidak mudah menarik minat dan perhatian anak untuk belajar serta mengikuti instruksi yang diberikan, karakteristik anak yang berbeda-beda, mudah bosan, cara belajar dan media pembelajaran yang monoton. Metode penelitian yang dipaparkan yaitu teknik pengumpulan data (observasi, studi pustaka) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tujuan penelitian ini untuk memudahkan anak-anak dalam mengenal Bahasa Inggris dan membantu guru atau tenaga pendidik dalam melaksanakan proses belajar sehingga lebih efektif dan efisien serta tercapainya tujuan pembelajaran. Dari pengolahan data kuesioner, hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat 87% suara yang setuju jika media pembelajaran animasi interaktif ini memberikan manfaat pada anak-anak dan juga guru dalam penggunaannya.
Downloads
References
Kusuma, D. P., & Wicaksono, H. (2020). Animasi Interaktif Pengenalan Nama-Nama Buah dan Hewan Pada TK Islam Ananda Di Bekasi. Information System For Educators And Professionals, 5(1), 91–100.
Lestari, N. A., & Retnoningsih, E. (2018). Animasi Interaktif Pengenalan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini Pada TK AL-Ikwan Bekasi. Information Management For Educators And Professionals, 2(2), 159–168.
Morrison, G. S., & Santoso, Y. (2016). Early Chilhood Education Today/Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini/Penerjemah: Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ningsih, S. R., & Erdisna. (2021). Implementasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK). JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 5(1), 20–28.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT (Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah, Dan Tarbiyah), 03(01), 171–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian dan Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Rusli, M., & Purnama, F. (2019). Pengembangan E-Learning Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 3(2), 57–63.
Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Seminar Nasional Pendidikan, 87–102.
Sudaryono, Desrianti, D. I., & Maulida, S. N. (2018). Media Animasi Interaktif Untuk Anak Usia Dini Pada RA Yasir Tangerang. ICIT (Innovative Creative and Information Technology) Journal, 4(2), 168–179.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.