Penerapan Teknologi Chatbot Pada Website Mobile E-Commerce Roti Papa


Abstract
Pabrik Roti Papa adalah salah satu produsen roti di Kota Pekanbaru. Pasar dari Roti Papa sendiri adalah toko-toko yang ada di Kota Pekanbaru, bahkan sudah ada yang sampai keluar kota, seperti Kerinci dan Perawang. Penjualan yang dilakukan oleh Roti Papa adalah bersifat konvensional, tentu pada masa kini, penjualan secara online sangat memberikan dampak yang banyak, salah satu contohnya adalah fleksibilitas dari waktu operasional usaha. Maka dari itu, dibuat sebuah aplikasi penjualan online atau e-commerce. Pada tahap pengembangan aplikasi menggunakan bahasa pemograman PHP,
dan menggunakan database MySql. Aplikasi penjualan e-commerce Roti Papa berbasiswebsite, dan juga dapat diakses secara mobile. Terdapat implementasi teknologi Aritificial Intelligence berupa chatbot. Sehingga dengan adanya layanan chatbot, pelanggan yang mengakses aplikasi website dapat mendapatkan informasi lebih cepat tanpa harus menunggu admin dari Roti Papa untuk memberikan jawaban terkait dengan informasi yang diperlukan oleh pelanggan. Pada tahap perancangan sistem, menggunakan Metode Waterfall, dan pengujiannya menggunakan Metode Black-box Testing. Pengujian black-box dilakukan pada fungsionalitas batasan pengetahuan dari chatbot. Setelah dilakukan pengujian menggunakan black-box, didapatkan hasil sempurna 100% pada fungsi chatbot. Yang artinya, chatbot dapat menjawab kata kunci yang diinputkan oleh pelanggan dengan tepat dan akurat.
References
57, 2018, doi: 10.37396/jsc.v1i1.6.
[2] G. Guntoro, Loneli Costaner, and L. Lisnawita,“Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi danAkademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence
Markup Language (AIML),” Digit. Zo. J. Teknol. Inf.dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 291–300, 2020, doi:10.31849/digitalzone.v11i2.5049.
[3] C. A. Oktavia, “Implementasi Chatbot MenggunakanDialogflow dan Messenger Untuk Layanan Customer
Service Pada E-Commerce,” JIMP - J. Inform.Merdeka Pasuruan, vol. 4, pp. 12–26, 2019.
[4] T. Armanda and A. D. Putra, “RANCANG BANGUNAPLIKASI E-COMMERCE UNTUK USAHA
PENJUALAN HELM,” J. Inform. dan RekayasaPerangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 17–24, 2020.
[5] M. M. Hakim and M. Nurkamid, “Model Adopsi Ukm Di Kudus Terhadap E-Commerce,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp.
339–344, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i1.974.
[6] E. Y. Rihyanti Sari Noorlima, “Pembuatan Aplikasi Mobile Learning Informasi Pertolongan Pasien Positif Covid-19 Berbasis Android,” J. Inf. Syst. Informatics
Comput., vol. 4, no. Vol 4 No 1 (2020), pp. 122–133, 2020, [Online]. Available:
http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/art icle/view/217.
[7] T. Wijaya, M. Rusli, E. S. Rany, and ..., “Membangun Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada CV. Unomax Indonesia,” Sains dan Teknol., vol. 6, no. 2, p. 110,
2019, [Online]. Available: http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbiscientia/article/vie w/45.