Perancangan Sistem Informasi Donor Darah Berbasis Website Pada UDD (Unit Donor Darah) PMI Kota Padang

  • Dodi Aidul Saputra Universitas Dharma Andalas
  • Renita Astri Universitas Dharma Andalas
  • Zulfahmi Zulfahmi Universitas Dharma Andalas
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Penelitian yang berlangsung pada UDD (Unit Donor Darah) PMI Kota Padang dilakukan dengan cara mengumpulkan data - data melalui metode wawancara. Kantor UDD PMI Kota Padang saat ini masih belum memanfaatkan sistem informasi berbasis website dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan pendaftaran donor darah kepada masyarakat, tetapi sistem yang digunakan saat ini hanya berupa kertas formulir untuk melakukan pendaftaran donor darah dan mengakibatkan kurang terkomputerisasinya sistem yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi yang lebih baik agar pelayanan pendaftaran donor darah lebih efektif dan membantu para petugas PMI dalam melakukan pendataan data pendonor menjadi lebih akurat dan tepat waktu. Berdasarkan permasalahan yang ada maka penulis mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan rancangan terhadap sistem yang ada dengan menggunakan MySQL sebagai database dan dalam rancangan sistemnya penulis juga menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, diharapkan dengan rancangan sistem ini maka akan mengurangi kesalahan – kesalahan yang dilakukan petugas pada saat melakukan operasi input data maupun proses pembuatan laporan atau informasi. Diharapkan sistem informasi ini mampu membantu masyarakat dalam melakukan pendaftaran donor darah dan UDD PMI Kota Padang dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta dapat dipakai untuk jangka panjang.


 

References

[1]Faradika, Zulfahmi, dan Astri, R .2020. Sistem Informasi E-Tourism Sebagai Sarana Promosi Pariwisata Kota Padang. Jurnal Edik Informatika.Vol.7 No.1 Oktober 2020. E-ISSN: 2541-371.
[2]Muharto, Ambarita, Arisandy.2016.Metode Penelitian Sistem Informasi.Yogyakarta: Deepublish.
[3]Kamal, A, Anggraini P,dan Astri, R.2019. Web Untuk Pengaduan Bagi Korban Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak. Jurnal Sains dan Informatika Research Of Science and Informatic V5.12 Vol.5 No.2(2019)63-69.
Published
2021-06-21
How to Cite
SAPUTRA, Dodi Aidul; ASTRI, Renita; ZULFAHMI, Zulfahmi. Perancangan Sistem Informasi Donor Darah Berbasis Website Pada UDD (Unit Donor Darah) PMI Kota Padang. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 428-439, june 2021. Available at: <https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1199>. Date accessed: 28 july 2021.
Section
Articles