Manfaat Digital Ekonomi Terhadap Peningkatan Pemasaran Produk di Indonesia Menggunakan Metode Cloud Computing

  • Sri Mahrani STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar
  • M. Safii AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Era Revolusi industri 4.0 di indonesia semakin banyak meningkat dimana di zaman sekarang banyak alat atau fiture dalam penggunaan digital economics dari itu dibidang bisnis maupun pemasaran sebuah produk. Pada dasarnya usaha atau dagang yang digunakan diindonesia ini berkaitan dengan web yang memasarkan berbagai macam produk dalam satu aplikasi atau jaringan yang dapat memberikan informasi dari satu server atau lingkup pengguna / user. Digital Economics memberikan kemudahan dalam bertransaksi, dan tidak diherankan lagi bila digital enonomics tersebut bisa dibentuk dalam bentuk apapun tidak hanya di dunia web atau jaringan tetapi dibentuk dalam bentuk elektronik seperti mesin pencetak kertas yang sekarang sudah menggunakan sistem sensor. Metode yang dapat membantu dalam membangun pemasaran produk di indonesia adalah Cloud Computing. Cloud computing sangat berpengaruh terhadap pemasaran produk di indonesia. Layanan yang di beri oleh cloud computing salah satunya adalah hardware, infrastruktur, platform dan aplikasi. Namun di dalam metode tersebut lebih di tegaskan pada pembuatan aplikasi untuk mempermudah pemasaran produk. Layanan aplikasi yang biasa digunakan perusahaan adalah Sales Farce App Could.

References

[1] Alfatih, H. dan R. Marco. 2015. Analisis pengembangan dan perancangan sistem informasi akademik smart berbasis cloud computing pada sekolah menengah umum negeri (smun) di daerah istimewa yogyakarta. Jurnal Telematika. 8(2):63-91.
[2] Sulistyo, G. B. dan C. Agustina. 2013. Penerapan cloud computing. http://csrc.nist.gov/publications/nistpubs/800-145/
[3] Anik, A., 2013. Pemanfaatan Cloud Computing Dalam Pengembangan Bisnis. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 13-18.
[4] Rumetna, M.S., & Sembiring, I., 2017. Pemanfaatan Cloud Computing Bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Prosiding Seminar Nasional Geotik. Pp. 1-9.
[5] Fardani, A., & Surendro, K., 2011. Strategi Adopsi Teknologi Informasi Berbasis Cloud Computing Untuk Usaha Kecil dan Menengah Di Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. SNATI., pp.A1-A6.
[6] Ahmadi, A., 2009. Teknologi Jaringan Dalam Cloud Computing. Jurnal Computech & Bisnis, vol.3, no.1, pp. 14-22.
[7] Fikri, Abdillah, L.A., & Apriyani, E., 2015. Perancangan Teknologi Cloud Untuk Penjualan Online Kain Songket Palembang. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, pp.387-392.
[8] Ashari, A., & Setiawan, H., 2011. Cloud Computing : Solusi ICT ?. Jurnal Sistem Informasi, JSI., vol.3, no.2, pp.336-345.
[9] Singh, A., & Hemalatha, M., 2012. Cloud Computing for Academic Environment. International Journal of Information and Communication Technology Research, vol.2, no.2, pp.98-101.
[10] Widianto, E.D., 2009. Studi Could Computing Untuk Layanan High Availability di Jaringan Telekomunikasi Pedesaan. Seminar Nasional Teknologi Informasi, pp.1-5.
[11] Achmad, I., & Paulus, S.I., 2015. Adopsi Cloud Computing Pada UKM Di Indonesia. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, pp.1-6.
[12] Tandy, J., & Siswono., 2013. Cloud Computing dan Dampaknya Terhadap Bisnis. ComTech., vol.4, no.2, pp.687-695.
[13] Abualkibash, M., & Elleithy, K., 2012. Cloud Computing: The Future of IT Industry. International Journal of Distributed and Parallel System, IJDPS., vol.3, no.4, pp.1-12.
[14] Maimunah, Yakti, Y.A.K., & Puspitasari, N., 2012. Konsep dan Penerapan Cloud Computing Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. CSRID Journal, vol.4, no.3, pp.220-230.
[15] Santiko, I., Rosidi, R., & Wibawa, S.A., 2017. Pemanfaatan Private Cloud Storage Sebagai Media Penyimpanan Data ELearning Pada Lembaga Pendidikan.Jurnal Teknik Informatika, vol.10, no.2, pp.137- 146.
[16] Fajrin, T., 2012. Analisis Sistem Penyimpanan Data Menggunakan Sistem Cloud Computing Studi Kasus SMK N 2 Karanganyar. IJNS., vol.1, no.1, pp.31-35.
[17] Wahyudi, T., 2013. Implementasi Cloud Computing Untuk MemaksimalkanLayanan Pariwisata. Jurnal Bianglala Informatika, vol.1, no.1, pp.1-6.
[18] Warjiyono., 2014. Kajian E-Business Berbasis Cloud Computing Dalam Menghadapi Pasar Bebas ASEAN Economic Community 2015. Bianglala Informatika, vol.2, no.2, pp.55-62.
[19] Musafak. 2012. Budaya Ekonomi Digital Kalangan Masyarakat Menengah Atas. Universitas Gunadarma.
Published
2021-06-21
How to Cite
MAHRANI, Sri; SAFII, M.. Manfaat Digital Ekonomi Terhadap Peningkatan Pemasaran Produk di Indonesia Menggunakan Metode Cloud Computing. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 229-235, june 2021. Available at: <https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1162>. Date accessed: 28 july 2021.
Section
Articles