Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Menggunakan Aplikasi Adobe Flash ( Studi Kasus SDN 58/X Teluk Majelis)

  • Nilawati Nilawati Universitas Nurdin Hamzah
  • Merti Megawaty Universitas Nurdin Hamzah
  • Andre Ramadhani Universitas Nurdin Hamzah
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif  mengetahui penilaian ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran, mengetahui penilaian terhadap media pembelajaran, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SDN 58/X Teluk Majelis. Prosedur penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdiri dari 7 tahapan yaitu tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi produk, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk, dan tahap revisi produk. Hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran Bahasa Inggris berbasis multimedia interaktif menggunakan aplikasi Adobe Flash untuk keterampilan membaca Bahasa Inggris kelas VI. Hasil Akhir kualitas media pembelajaran Bahasa Inggris ini menurut ahli media 90% untuk persentase kualitas media dengan kategori sangat baik, dan ahli materi menilai 75% untuk persentase kualitas media dengan kategori baik, guru bahasa inggris menilai 95% untuk persentase kualitas media dengan kategori sangat setuju, dan terakhir penilaian dari peserta didik 85% untuk persentase kualitas media dengan kategori sangat setuju.

References

[1] Anggraeni, Elisabeth Yanaeti. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta : CV.Andi Offset
[2] Muh. Istiqlal, Estina Ekawai dan Syarifatul Fahmi.2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS3 Dalam Pembelajaran Matematika Standar Kompetensi Memecahkan Masalah Yang Berkaitan Dengan Sistem Permasalah Linier Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variable Pada Siswa Kelas X.Yogyakarta. ISBN : 978-979-16353-6-3. (Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika). 3 Desember 2016:MP-481.
[3] Puspitosari, Heni. 2016. Animasi Grafis Dengan Adobe Flash Pro CS5. Yogyakarta: Skripta Media Creative
[4] Kristanto, A 2018, “Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya (Edisi Revisi)”, Gava Media, Yogyakarta.
[5] Wahana Komputer. 2017. ShotCourse Mudah Membuat Animadi dengan Adobe Flash CS5. Yogyakarta: Andi Offset.
[6] Sugiyono, 2019:407 ”Research and Development”. Alfabeta, Bandung
Published
2021-06-20
How to Cite
NILAWATI, Nilawati; MEGAWATY, Merti; RAMADHANI, Andre. Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Menggunakan Aplikasi Adobe Flash ( Studi Kasus SDN 58/X Teluk Majelis). Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 101-107, june 2021. Available at: <https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1141>. Date accessed: 28 july 2021.
Section
Articles