APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GEJALA PENYAKIT IBU HAMIL BERDASARKAN KELUHAN BERBASIS WEB

  • Lido Sabda Lesmana UNDHARI
Abstract viewed = 3 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 4 times

Abstract

Kondisi kesehatan ibu dan janin akan memiliki dampak besar pada tingkat keguguran dan banyak wanita hamil meninggal karena berjuang untuk janin atau bayi dalam kandungan. Kasus kematian ibu melahirkan di Indonesia masih tergolong cukup tinggi. Berdasarkan Sasaran Pembangunan Milenium atau Millenium Development Goals (MDGs), angka kematian ibu ditetapkan pada angka 102 per 100.000 kelahiran pada tahun 2015. Tujuan penelitian adalah mendiagnosa gejala penyakit ibu hamil berdasarkan keluahan menggunakan sistem pakar.  Sistem pakar merupakan kepakaran ataupun keahlian seseorang pada bidang tertentu untuk memecahkan sebuah masalah berdasarkan dari gejala atau basis pengetahuan yang akan dituangkan kedalam sebuah sistem yang terkomputerisasi. Kemudian dengan sistem pakar ini juga diharapkan bisa dimanfaatkan oleh orang banyak berbantuan akses internet. Data dirancang berdasarkan informasi yang diperoleh dari spesialis di bagian kebidanan baik dari dokter kandungan dan dari bidan yang secara khusus menangani kasus dan keluhan dari ibu hamil. Sedangkan metode yang akan digunakan untuk mendeteksi gejala, jenis gangguan dan solusi menggunakan Forward Chaining. Langkah dalam penelitian ini adalah dengan mendiagnosa berdasarkan dari keluhan atau gangguan, jenis gangguan baru dapat diidentifikasi dan diberikan solusi awal. Hasil penelitian bahwa aplikasi sistem pakar diagnosa gejala penyakit ibu hamil bisa menjawab keluhan dan memberikan solusi yang dirasakan ibu hamil pada sistem pakar berbasis web.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AJI, A. H., FURQON, M. T., & WIDODO, A. W. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor ( CF ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 2127–2134. Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1556
ANDI. (2009). Pengembangan Sistem Pakar Menggunakan Visual Basic. (2nd ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
FATAH, Z. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kesehatan Kehamilan Menggunakan Metode Forward Chaining, 1–7.
LISA MELYANI, T. L. M. (2016). Pengembangan Aplikasi Sistem Pakar Informasi Kehamilan Berbasis Android.
MARDIYANTI, I. (2016). Kejadian Keguguran Ditinjau Dari Umur Ibu Di Bps Ita Ariani Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 53(9), 1689–1699.
MENUR WAHYU PANGESTIKA, BENI IRAWAN, DAN Y. B. (2013). Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Berbasis Mobile. Institut Teknologi Bandung ICT For Smart Society | Think Ecosystem Act Convergence, 1–10.
MULIA, R. (2013). Pendeteksian Diagnosa Penyakit Kandungan Pada Ibu Hamil Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining, 1–9.
PRANATA, S., & SADEWO, F. (2013). Kejadian Keguguran, Kehamilan Tidak Direncanakan Dan Pengguguran Di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 15(2 Apr). https://doi.org/10.22435/bpsk.v15i2
WIJI SETIYANINGSIH, T. B. K. W. (2013). Sistem Pakar Diagnosa Penyulit Kehamilan Menggunakan Metode Forward Chaining Certainty Factor Berbasis Web. Jurnal Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi, 0(0).
Published
2020-12-30
How to Cite
LESMANA, Lido Sabda. APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GEJALA PENYAKIT IBU HAMIL BERDASARKAN KELUHAN BERBASIS WEB. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 62-69, dec. 2020. ISSN 2527-3116. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/701>. Date accessed: 17 jan. 2021. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v4i2.701.
Section
Articles