Penerapan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ternak Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining (Studi Kasus : Dinas Peternakan Kabupaten Dharmasraya)

  • Epri Yuldi Universitas Dharmas Indonesia
  • Helly Andri Universitas Dharmas Indonesia
Abstract viewed = 99 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 100 times

Abstract

Kabupaten Dharmasraya merupakan daerah dengan budi daya ternak cukup menjanjikan. Banyak sekali hewan yang dapat dibudidayakan dengan cara berternak. Pemerintah Dharmasraya sangat mendudukung masyarakat untuk beternak. Namun permaslahan yang terjadi di lapangan, peternak seringkali mengalami kegagalan dalam beternak seperti terjangkit penyakit bahkan sampai pada kematian hewan ternak. Hal ini dikarenakan peternak tidak mengetahui penyakit ternak dan kurangnya sumber daya manusia yang ahli dalam bidang tersebut. Oleh karena itu, untuk menangani masalah ini dibuatlah sebuah aplikasi sistem yang dapat mendiagnosis penyakit ternak. Aplikasi perlu adanya sebuah sistem yang dapat mendiagnosa penyakit ternak. Sistem ini dibangun menggunakan model sekuensial linier yaitu analisis, desain, penjabaran dan penalaran. Pembuatan aplikasi sistem ini menggunakan metode forward chaining.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Flowler, martin, 2004, uml distilled 3th
Ed, A Brief Guide to The Standart
Object Modeling Language.
Yogyakarta : Andi
Hakim,Lukmanul,2008, Membongkar Trik
Rahasia
Para Master Php. Yogyakarta : Toko
Media
Kusrini, 2008, Aplikasi Sistem Pakar.
Yogyakarta : Andi
Muchtar, Abdullah Braniah, 2009,
Mewaspadai Penyakit Berbahaya Pada
Hewan dan Ternak.
Jakarta : Penebar Swadaya
Puji, Diar Oktavian, 2002, Menjadi
Programmer Jempolan Menggunakan
Php. Yogyakarta : Mediakom
Published
2019-03-29
How to Cite
YULDI, Epri; ANDRI, Helly. Penerapan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ternak Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining (Studi Kasus : Dinas Peternakan Kabupaten Dharmasraya). JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 9-12, mar. 2019. ISSN 2527-3116. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/386>. Date accessed: 03 july 2020. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v1i1.386.
Section
Articles