Implementasi Metode Analiytic Network Process (ANP) dalam Menentukan Jenis Kayu Terbaik Sebagai Bahan Baku Produksi Mebel

  • Nurfadillah Nurfadillah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Ariddha Zikra Syah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Andri Nata Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Royal
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Kurangnya pengetahuan tentang spesifikasi pemilihan kayu yang baik untuk dijadikan bahan pembuatan mebel merupakan masalah yang dihadapi home industri Pesona Bahari sehingga home industi hanya mementingkan pemenuhan order tanpa memperhitungkan jenis faktor-faktor produksi, terutama bahan bakunya, yakni kayu. Padahal, kayu merupakan elemen utama yang sangat menentukan jenis suatu produk mebel. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam memilih jenis kayu yang sesuai dengan kriteria kayu, dan mengetahui aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pemilihan jenis kayu untuk bahan baku mebel menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Salah satu keutamaan model ANP yang membedakannya dengan model-model pengambilan keputusan yang lain adalah tidak adanya syarat konsistensi mutlak. Implementasi Metode Analytic Network Process(ANP) Dalam Menentukan Jenis Kayu Sebagai  Bahan Baku Produksi Mebel untuk memudahkan pemillik toko mebel dalam pemilihan kayu dengan kualitas yang baik untuk mengurangi kekecewaan pelanggan akibat pemilihan kayu yang tidak sesuai dengan kualiatas yang baik.

References

[1] R. Gustriansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2016, no. Sentika, pp. 18–19, 2016, [Online]. Available: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=jurnal+issn+tentang+supplier+metode+anp&btnG=.
[2] J. E. M, D. Andreswari, and K. Anggriani, “Pemilihan Jenis Kayu Untuk Mebel Dengan Metode Weighted Product ( Wp ) & Technique for Order Preference By Similarity To Ideal Solution ( Topsis ),” pp. 301–310, 2016.
[3] A. B. Nasution, “Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Rumah Sakit Bersalin Dengan Metode ANP,” J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 2, no. 1, pp. 73–83, 2018.
[4] R. Eka Sari, “Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015 PENENTUAN KUALITAS KAYU UNTUK KERAJINAN MEUBEL DENGAN METODE AHP,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 6–8, 2015.
[5] A. Desiani, S. Yahdin, R. Primartha, and Kartila, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru dengan Menggunakan Metode Analytic Network Process (APN),” Annu. Res. Semin., vol. 4, no. 1, pp. 34–39, 2018, [Online]. Available: http://link.springer.com/10.1007/s11276-006-6154-9.
[6] Afrisawati, “Sistem Pendudkung Keputusan Pemilihan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah Dengan Metode Anp ( Studi Kasus : Dinas Tata Kota Kabupaten Asahan ),” Semin. Nas. R. 2018, vol. 9986, no. September, pp. 121 – 124, 2018.
Published
2021-06-22
How to Cite
NURFADILLAH, Nurfadillah; SYAH, Ariddha Zikra; NATA, Andri. Implementasi Metode Analiytic Network Process (ANP) dalam Menentukan Jenis Kayu Terbaik Sebagai Bahan Baku Produksi Mebel. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 532-540, june 2021. Available at: <https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1221>. Date accessed: 28 july 2021.
Section
Articles