Penerapan Algoritma Horspool Pada Sistem Pendataan Obat Pada Apotek Fajar Mas

  • Ester Mesi Institut Bisnis Dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Dwi Oktarina Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Apotek merupakan salah satu instansi kesehatan yang sudah banyak mengadopsi teknologi demi upaya peningkatan pelayanan kepada pelanggan (konsumen). Namun masih ada juga ditemukan apotek yang masih melakukan pendataan maupun pengolahan data secara manual. Seperti kegiatan penjualan  dan  pembelian  obat  yang masih dilakukan menggunakan  sistem  pencatatan  pada  buku besar,  baik  untuk  penjualan  obat  kepada  pelanggan  maupun pembelian  obat  kepada  supplier. Adapun permasalahan lainnya yang sering dihadapi oleh petugas apotek yaitu, petugas apotek kewalahan dalamprose mencari obat serta memantau ketersedian stok obat yang sesuai dengan permintaan pelanggan.  Hal ini  disebabkan  karena kurang tertatanya penyusunan obat-obatan didalam lemari penyimanan, maupun didalam buku laporan obat tersebut. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pencarian data obat dengan menggunakan sebuah metode yang tepat. Algoritma Horspool merupakan salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk membantu memecahkan masalah dengan proses pencarian berbasis karakter atau teks (string matching) dengan carakerja yang sederhana. String matching ini berkerja dengan cara mencari pattern yang sudah tersedia didalam database kemudian di cocokan dengan karakter teks yang sudah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mempermudah dalam pencarian data obat serta pengecekan ketersedian stok obat yang dibutuhkan oleh pelanggan. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat mempermudah pegawai apotek  dalam pengelolaan data obat agar dapat berjalan lebih efisien.

References

[1] J. Speed and S. P. Engineering, “Pembangunan Sistem Informasi Apotek Pink Pacitan Deni Eko Purwanto,” vol. 5, no. 3, pp. 69–72, 2013.
[2] T. A. Fagasta, W. Wicaksono, and R. W. Arifin, “Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian Obat pada Apotek Nabila CareBekasi,” J. Mhs. Bina Insa., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2017.
[3] P. Soepomo, “P EMBANGUNAN PUSAT INFORMASI OBAT UNTUK MEMPERMUDAH PENC ARIAN DATA OBAT BAGI,” vol. 2, pp. 102–109, 2014.
[4] S. L. Raharjo, Joko S Dwi, D Damiyana, “Perancangan sistem pakar diagnosa penyakit jantung dengan metode forward chaining berbasis android,” J. Sisfotek Glob., vol. 7, no. 2, pp. 102–107, 2017.
[5] T. Desyani, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Obat Pada Apotek Sinar Mulia Berbasis Web,” Pros. Semin. Nas. Inform. dan Sist. Inf., vol. 3, pp. 51–60, 2018.
[6] W. Astuti, “ANALISIS STRING MATCHING PADA JUDUL SKRIPSI DENGAN ALGORITMA KNUTH-MORRIS PRATT ( KMP ),” vol. 9, pp. 167–172, 2017.
[7] S. Bill, P. Ginting, N. Marbun, M. Zarlis, and D. Hartama, “Penerapan Algoritma Horspool Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Bima – Indonesia Kamus adalah suatu sumber informasi atau referensi suatu Penerapan Algoritma Horspool Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Bima –,” vol. 1, pp. 887–891, 2019.
Published
2021-06-20
How to Cite
MESI, Ester; OKTARINA, Dwi. Penerapan Algoritma Horspool Pada Sistem Pendataan Obat Pada Apotek Fajar Mas. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 78-85, june 2021. Available at: <https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1138>. Date accessed: 28 july 2021.
Section
Articles