PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

  • Agam Mei Yudha Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Putri Intan Permata Sari Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Deni Saputra Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

This study aims to determine the effect of leverage, liquidity and csr on firm value with profitability as a moderating variable in manufacturing companies listed on the IDX for the 2014-2018 period. This study uses secondary data. The sample technique in this study using purposive sampling. The number of samples obtained were 103 companies. The method of analysis of this research uses panel data regression analysis. From this research, it can be concluded that there is an insignificant and influence Leverage on firm value. There is no significant effect of liquidity on firm value. There is a significant effect between CSR on firm value. There is a significant effect of Leverage on firm value which is moderated by Profitability. There is a significant effect of liquidity on firm value as moderated by Profitability. There is a significant effect of CSR on company value which is moderated by profitability. That with increased profitability, the company is able to support the use of loan funds, and is able to fulfill its financial obligations that will mature, with increased profitability the company is able to provide prosperity to shareholders so that company management succeeded in increasing firm value for company owners in accordance with the objectives of financial management to maximize firm value.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, likiuditas dan csr terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 103 perusahaan. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa  Terdapat pengaruh dan tidak signifikan leverage terhadap nilai perusahaan.  Terdapat pengaruh dan tidak signifikan likuiditas terhadap nilai perusahaan.  Terdapat pengaruh yang signifkan antara CSR terhadap nilai perusahaan. Terdapat pengaruh yang signifikan leverage terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh profitabilitas. Terdapat pengaruh yang signifikan likuiditas terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh profitabiltas. Terdapat pengaruh yang signifikan CSR terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh profitabilitas.bahwa dengan profitabilitas yang meningkat, perusahaan mampu menunjang penggunaan dana pinjaman, serta  mampu memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo, dengan profitabilitas yang meningkat perusahaan mampu memberikan kemakmuran kepada pemegang saham sehingga manajemen perusahaan berhasil meningkatkan nilai perusahaan  bagi pemilik perusahaan sesuai dengan tujuan manajemen keuangan untuk memaksimumkan nilai perusahaan.

References

Agyemang, O. (2017). Corporate social responsibility and firm performance of Ghanaian SMEs: Mediating role of access to capital and firm reputation. Vol.8(1). http://dx.doi.org/10.1108/JGR-03-2016-0007
Asem, E., & Dkk. (2016). Liquidity, investor sentiment and price discount of SEOs in Australia. International Journal of Managerial Finance, 12(1), 25–51. https://doi.org/10.1108/IJMF-10-2013-0106
Astrinika, R. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata, 1(2), 265–276.
ayu Sudiani, N. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7), 4545–4547.
Bagchi, B. (2014). Modeling liquidity management for Indian FMCG firms. International Journal of Commerce and Management, 24(4), 334–354. https://doi.org/10.1108/IJCoMA-10-2012-0065
Blokland, W., & dkk. (2018). Method for performance measurement of car companies from a stability-value leverage perspective The balancing act between investment in R & D ,. https://doi.org/10.1108/IJLSS-03-2017-0024
Cahyaningtyas, A. R. (2015). Pengaruh Corporate Governance Perception Index Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. 4(3), 556–567. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting ISSN
Dahir, A. M., & Mahat, F. B. (2018). Funding liquidity risk and bank risk-taking in BRICS countries: An application of system GMM approach. International Journal of Emerging Markets, 13(1), 231–248. https://doi.org/10.1108/IJoEM-03-2017-0086
Damodar N., G. dan D. C. P. (2009). Basic Econometric (5th ed.). McGraw- Hill: New York.
Dermawan Wibisono. (2005). Metode Penelitian & Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Fahmi, I. (2013). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, I. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, I. (2014). Pengantar Teori Portofolio Dan Analisis Investasi Teori Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, I. (2015). pengantar manajemen keuangan teori dan soal jawab (edisi keem). Bandung: Alfabeta.
Harahap. (2013). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan (edisi1 ed.). Januari.Jakarta:Rajawalipers.
Harmono. (2016). No Manajemen Keuangan ( Berbasis Balanced Scorecard Title). Jakarta: Bumi Aksara.
Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan. Jakarta:Tri Atmojo-CAPS.
Heven Manoppo, F. V. A. (2016). The Influence Of Capital Structure, Company Size And Profitability Towards Automotive Company Value Of Idx Period 2011-2014. 4(2), 485–497.
IAI. (2017). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: salemba empat.
Jitmaneeroj, B. (2017). A latent variable analysis of corporate social responsibility and firm value. https://doi.org/10.1108/MF-08-2017-0303
Kasmir. (2013). Analisis laporan keuangan (cetakan ke). yogyakarta.
Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. (Edisi satu). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Khosa, A. (2017). International Journal of Accounting & Information Management. Journal of Accounting & Information Management. https://doi.org/10.1108/IJAIM-08-2016-0076
Khumairoh. (2016). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Syariah Paper Accounting FEB UMS, 2460–0784 (2011), 71–81. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7347/7 - Khumairoh.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Kizildag, M. (2015). Financial leverage phenomenon in hospitality industry sub-sector portfolios (Issue Unit 07). http://dx.doi.org/10.1108/IJCHM-07-2014-0347
kumar, R. (2018). Board characteristics and fi rm value for Indian companies. https://doi.org/10.1108/JIBR-07-2016-0074
Li, F. (2016). CEO power, corporate social responsibility, and firm value: a test of agency theory. International Journal of Managerial Finance, 12(5), 611–628. https://doi.org/10.1108/IJMF-05-2015-0116
Lumoly, S., & Dkk. (2018). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Logam dan Sejenisnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal EMBA, 6(3), 1108–1117.
Martini, D. dkk. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK (buku 1). Jakarta.alemba empat.
Monopo, H. (2016). The Influence Of Capital Structure, Company Size And Profitability Towards Automotive Company Value Of Idx Period 2011-2014. 4(2), 485–497.
Mouselli, S. (2014). Corporate governance , analyst following and firm value. https://doi.org/10.1108/CG-03-2011-0093
Muhardi. (2013). Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham. Salemba empat. Jakarta.
Novalia, F., & Nindito, M. (2016). Pengaruh Konservatisme Akuntansi Dan Economic Value Added Terhadap Penilaian Ekuitas Perusahaan. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 11(2), 1–16. https://doi.org/10.21009/10.21.009/wahana.011/2.1
Novari, M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. 5(9), 5671–5694.
Oisinia ilona vicenovie. (2016). corporate social responsibility. yogyakarta :ekuilibria.
Panicker, V. S. (2017). Ownership and corporate social responsibility in Indian firms. Social Responsibility Journal. https://doi.org/10.1108/SRJ-02-2017-0030
Prastika, G. E. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Umur Obligasi, Dan Reputasi Kap Terhadap Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.
Pratama, A. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 3028. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p16
Ramona, S. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian Rokan Hulu.
Rosiana, E., & Dkk. (2013). Pengaruh pengungkapan csr terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. 3, 723–738.
Saad, U., & Dkk. (2017). Managerial Finance Corporate leverage: structural equations framework in an emerging economy. https://doi.org/10.1108/MF-06-2017-0203
Sabatini, K. (2019). Pengaruh Pengungkapan C orporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Moderasi. 14(1), 56–69. https://doi.org/10.24843/JIAB.2019.v14.i01.p06%0AJurnal
Shochrul R, A. (2011). Cara Cerdas Menguasai Eviews. Jakarta: Salemba Empat.
Sriwidodo, U. (2019). Analisis Return On Equity , Corporate Social Responsibility , Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan ( Survei pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016 ) Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. 3(1).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2016). metode penelitian pendidikan(pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R&D). bandung.alfabeta.
Susanto, A. N. A. (2018). Analisis Likuiditas Dan Kinerja Keuangan Dalam Memprediksi Nilai Perusahaan Yang Dimoderasi Kebijakan Dividen (Studi Kasus Perusahaan Manufakturyang terdaftar di BEI tahun 2012-2015). Jurusan Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta Oleh:
Suwardika, I. N. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 1248–1277.
Usman, A. B. (2015). Corporate social responsibility practice and corporate financial performance : evidence from Nigeria companies. https://doi.org/10.1108/SRJ-04-2014-0050
Wiariningsih, O. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2013-2016. Procuratio, 7(1), 18–29.
Wieland, S. (2015). The relationship between employee orientation , financial performance and leverage. Social Responsibility Journal, Vol. 11 Is(4 pp. 749–763). https://doi.org/10.1108/SRJ-10-2013-0132
Yudiana, F. E. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: ombak.
Zhu, X., & Lin, Y. (2017). Does lean manufacturing improve firm value? Journal of Manufacturing Technology Management, 28(4), 422–437. https://doi.org/10.1108/JMTM-05-2016-0071
Published
2021-06-30
How to Cite
YUDHA, Agam Mei; SARI, Putri Intan Permata; SAPUTRA, Deni. PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 113-128, june 2021. ISSN 2580-3743. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/877>. Date accessed: 24 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i2.877.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.