PERILAKU KONSUMEN BERBELANJA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID 19

  • Rudi Yanto Batara Silalahi STIE Galileo
  • Martuahman Parlindungan Purba STIE Nagoya
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

The Covid 19 pandemic has made changes in various ways, one of which is changing consumer behavior in shopping. Many things influence consumer decisions in online shopping, one of which is cultural and social factors, where this study aims to determine the cultural and social influences on online shopping decisions during the Covid 19 pandemic. The research method uses quantitative with an associative approach, where the sampling technique uses purposive sampling, in order to obtain 72 residents of MK. Paradise Housing as a sample and then analyzed using multiple linear regression, t test, and F test. All data were analyzed using IBM SPSS version 26. Where the results of this study 1) Culture influences online shopping decisions, 2) Social has a significant effect on online shopping decisions, and 3) Culture and social simultaneously have a significant effect on the decision to shop online amid the Covid 19 pandemic.


Pandemi Covid 19 membuat perubahan dalam berbagai hal, salah satunya perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja. Banyak hal yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam berbelanja online salah satunya faktor budaya dan sosial, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya dan sosial terhadap keputusan berbelanja online dimasa Pandemi Covid 19. Metode peneitian mengunakan kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, dimana teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh 72 orang warga Perumahan MK. Paradise sebagai sampel dan selanjutnya dianalisa secara regresi linear berganda, uji t, dan uji F. Seluruh data dioalah menggunakan bantuan IBM SPSS versi 26. Dimana hasil dari penelitian ini 1) Budaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja online, 2) Sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja online, dan 3) Budaya dan sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja online pada masa Pandemi Covid 19.


 

References

Adil, E., Samrin, 2016. Pengaruh Budaya Dan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Bina Langgeng Lestari. J. Manaj. Tools 6, 30–38.
Bahari, A.F., Ashoer, M., 2018. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. J. Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) 5, 69–78.
Destian, S., 2017. Pengaruh Perilaku Konsumen (Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologis) Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Modifikasi.Com Di Kota Bandung. e-Proceeding Manag. 4, 2434–2441.
Dewi, O.N., Hanifa, F.H., 2015. Analisis Perilaku Konsumen Yang Berbelanja Secara Online Melalui Marketplace Kaskus. Pros. SNaPP2015 Sos. Ekon. dan Hum. 5, 657–662.
Fachrurrozi, Alchudri, 2016. Analisis Perilaku Berbelanja Online Konsumen Muslim Dalam Perspektif Gender Di Provinsi Riau (Ditinjau dari Perceived Risk, Service Infrastructure, dan Acquisition Utility). Marwah 15, 78.
Harahap, D.A., 2018. Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - J. Ris. Manaj. Sains Indones. 9, 193–213.
Kartikasari, D., 2013. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Penelitian Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Mengkonsumsi Produk Mie Instan Merek Indomie). J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya 3, 1–8.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Erlangga: Jakarta.

Pratiwi, K., Mandala, K., 2015. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis, Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kebaya Bordir Pada Jegeg Ayu Boutique Di Kuta. E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana 4, 255236.
Rahaju, E.E., Indayati, Indartini, M., 2012. Analisis Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Secara Online Di Kotamadya Madiun. Ekomaks 3, 37–51.
Salmah, N.N.A., 2015. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetika Sari Ayu Pada Toko La Tahzan Palembang. J. Media Wahana Ekon. 12, 1–13.
Simamora, A.A.N., Fatira AK., M., 2019. Kemudahan Aplikasi dan Keragaman Produk dalam Membentuk Keputusan Pembelian Generasi Milenial Berbelanja secara Online. J. Maneksi 8, 213–222.
Sujani, 2017. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Belanja Di Indomaret. J. Ekon. dan Bisnis Univ. Wijaya Putra 22, 191–205.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.
Syafirah, Mananeke, L., Rotinsulu, J.J., 2017. Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. J. EMBA 5, 245–255.
Timmerman, V.A., Mandey, S., Rate, P. Van, 2017. Analysis Of Factors Influencing Consumer Behavior Toward Purchase Decision In Texas Chicken Manado. J. EMBA 5, 1113–1122.
Published
2021-03-31
How to Cite
SILALAHI, Rudi Yanto Batara; PURBA, Martuahman Parlindungan. PERILAKU KONSUMEN BERBELANJA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID 19. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1-8, mar. 2021. ISSN 2580-3743. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/876>. Date accessed: 24 june 2021. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i1.876.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.