PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, EFIKASI DIRI, TANTANGAN PRIBADI, KEINGINAN MENJADI BOS, INOVASI, KEPEMIMPINAN, FLEKSIBILITAS, KEUNTUNGAN, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA STIE DAN STIKOM PELITA INDONESIA

  • Yanti Mayasari Ginting Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Nova Angri Siagian Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

This study aims to analyze the influence of attitudes, subjective norms, self-efficacy, personal challenges, the desire to be a boss, innovation, leadership, flexibility, profitability, entrepreneurship education, motivation towards the entrepreneurial interests of STIE and STIKOM Pelita Indonesia (PI) college students. The design of this study is a cross sectional. The population of this research is all students of STIE and STIKOM Pelita Indonesia. The sampling method is probability. The technique used is simple random sampling. The research sample of 215 respondents. Data analysis technique is multiple regression analysis using SPSS 21 software. The results of the study on STIEPI attitude, self-efficacy, innovation, and flexibility variables affect entrepreneurial interests, while the subjective norm variables, self-esteem, personal challenges, desire to be boss, leadership, profit, entrepreneurship education, and motivation have no significant effect on entrepreneurial interest. In STIKOMPI, the desire to be a boss, innovation and entrepreneurship education variables influence entrepreneurial interests, while the attitudes, subjective norms, self-efficacy, self-esteem, personal challenges, leadership, flexibility, profitability, and motivation do not significantly influence entrepreneurial interest.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap, norma subjektif, efikasi diri, tantangan pribadi, keinginan menjadi bos, inovasi, kepemimpinan, fleksibilitas, keuntungan, pendidikan kewirausahaan, motivasi terhadap minat wirausahanya mahasiswa STIE dan STIKOM Pelita Indonesia (PI). Desain penelitian ini adalah penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE dan STIKOM Pelita Indonesia. Metode pengambilan sampel adalah probability. Teknik yang digunakan simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 215 responden. Teknik analisis data adalah multiple regression analysis menggunakan software SPSS 21. Hasil penelitian pada STIEPI variabel sikap, efikasi diri, inovasi, dan fleksibilitas berpengaruh terhadap minat wirausaha, sedangkan variabel norma subjektif, harga diri, tantangan pribadi, keinginan menjadi bos, kepemimpinan, keuntungan, pendidikan kewirausahaan, dan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat wirausaha. Pada STIKOMPI variabel keinginan menjadi bos, inovasi dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat wirausaha, sedangkan variabel sikap, norma subjektif, efikasi diri, harga diri, tantangan pribadi, kepemimpinan, fleksibilitas, keuntungan, dan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat wirausaha.

References

Andika, M. dan I. M. (2012). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kula). Proceeding Eco- Entrepreneurship Seminar & Call. Semarang.
Andika, M. dan M. I. (2012). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subyektif Dan Efikasi Diri Terhadap intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asmani, J. M. (2011). Sekolah Entrepreneur. Yogyakarta: Harmoni.
Bhandari, N. C. (2006). Intention For Entrepreneurship Among Students In India. Journal Entrepreneurship, 169–171.
Budiarti, M. (2012). Analisis pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap niat kewirausahan mahasiswa (studi kasus pada mahasiswa program ekstensi fakultas ekonomi universitas Indonesia). Salemba.
Bukirom, Haryo Indradi, Andi Permana, dan M. (2014). Pengaruh Pendidikan Berwirausaha dan Motivasi Berwirausaha terhadap Pembentukan Jiwa Berwirausaha Mahasiswa.
Fu’adi, Isky Fadli, Budiarso Eko, dan M. (2009). Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Semarang.
Gaddam, S. (2008). Identifying the Relayionship Between Behavioral Motives and Entrepreneurial Intentions.
Ghozali, I. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 19.” Semarang.
Handaru, A. W. (2014). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Magister Management (Kajian Empiris Pada Sebuah Universitas Negeri Di Jakarta). Jurnal Universitas Paramadina, Vol. 11.
Lestari, B. . dan T. W. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, Dan STIE MUSI. Forum Bisnis dan Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah STIE MDP., 1(1), 112–119.
Malebana, M. J. & E. S. (2015). Graduate Entrepreneurial Intentions In The Rural Provinces Of South Africa.
Marantika, G. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa, Faktor Sosial, Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Sekolah Siswa Pada Siswa Di Sekolah Tinggi Buruh Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 7., 453–469.
Melyana, I. P., Rusdarti, Pujiati, A. (2015). Pengaruh sikap dan pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha melalui self-efficacy.
Ni Putu Pebi Ardiyani, A. A. G. A. A. K. (2016). “Pengaruh Sikap, Pendidikan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha.” Jurnal Manajemen Unud, 5, 5155–5183.
Nursito, S. & Nugroho, A. J. S. (2013). Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan. Kiat Bisnis.
Saladin, D. (2010). “Pengaruh Pemahaman Kewirausahaan Dan Motivasi Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Untuk Menjadi Young Entrepreneur”. 1(2), 61.
Schuk, H. H. e. al. (2010). Motivasi Dalam Pendidikan.
Silvia. (2013). Pengaruh Entrepreneurial Traits dan Entrepreneurial Skills Terhadap Intensi Kewirausahaan.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suryana. (2011a). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Suryana, Y. dan K. B. (2011b). Kewiraushaaan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Umar, H. (2011). Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan, Seri Desain Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Widayat, E. W. (2011). Studi Kewirausahaan Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.
Widiharto, A. C. Sandjaja, S. S, & Erian. jcy, P. (2010). Perilaku Bullying Ditinjau Dari Harga Diri Dan Pemahaman Moral Anak. Semarang.
Published
2020-09-29
How to Cite
GINTING, Yanti Mayasari; SIAGIAN, Nova Angri. PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, EFIKASI DIRI, TANTANGAN PRIBADI, KEINGINAN MENJADI BOS, INOVASI, KEPEMIMPINAN, FLEKSIBILITAS, KEUNTUNGAN, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA STIE DAN STIKOM PELITA INDONESIA. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 322-350, sep. 2020. ISSN 2580-3743. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/605>. Date accessed: 22 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v8i3.605.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.