ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA, FAKTOR SOSIAL, DAN FAKTOR PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN SEKOLAH SISWA PADA SISWA DI SEKOLAH TINGGI BURUH PEKANBARU

  • Yanti Mayasari Ginting STIE Pelita Indonesia
  • Gita Marantica STIE Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

This study aims to analyze the effect of the service marketing mix, social factors, and personal factors on school decision at Vocational High Schools (Case Study at SMK LABOR, Pekanbaru). The independent variables used in this study are product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), physical evidence (X6), process (X7), social (X8), and personality (X9). The dependent variable in this study is the school decision (Y). The research method used in this study is a quantitative research method using a sample of 150 respondents, namely students who choose to attend school at SMK LABOR Vocational High School. Sampling using simple random sampling method. Data analysis method used in this research is descriptive method and multiple linear regression analysis. Data processing is performed using SPSS 18 for Windows software. The results of the F test in this study indicate that the Service Marketing Mix, social factors, and personal factors simultaneously have an influence on school decisions in Vocational High Schools. Based on the results of the t test it can be seen that the product, price, promotion, people, physical evidence variables significantly influence the school decision while the place, process, social, personal variables do not significantly influence. Adjusted R Square value in this study amounted to 0.436. This means that 43.6% of school decisions can be explained by the nine independent variables namely product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), physical evidence (X6), process (X7), social (X8), and personal (X9). While the remaining 56.4% is influenced by other variables not examined in this study.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa, faktor sosial, dan faktor pribadi terhadap keputusan sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus di SMK LABOR, Pekanbaru). Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), bukti fisik (X6), proses (X7), proses (X7), sosial (X8), dan kepribadian (X9). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan sekolah (Y). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 150 responden, yaitu siswa yang memilih untuk bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan SMK. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Pemrosesan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 18 untuk perangkat lunak Windows. Hasil uji F dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran Jasa, faktor sosial, dan faktor pribadi secara bersamaan memiliki pengaruh terhadap keputusan sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel produk, harga, promosi, orang, bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap keputusan sekolah sedangkan variabel tempat, proses, sosial, pribadi tidak berpengaruh signifikan. Nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0,436. Ini berarti bahwa 43,6% keputusan sekolah dapat dijelaskan oleh sembilan variabel independen yaitu produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), bukti fisik (X6), proses ( X7), sosial (X8), dan pribadi (X9). Sedangkan sisanya 56,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


 

References

Alma, Buchari. (2008). Manjemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Frederick Ido Hamonangan. (2017). Pengaruh Lokasi, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Laundry (Study Kasus Pada Konsumen Simply Fresh Laundry di Tembalang, Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science Tahun 2017, Hal. 1-11 1 http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/ Jakfar, kasmir dan. (2012). studi kelayakan bisnis. In edisi 2. jakarta: kencana.Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ginting, Y. M., & Albert. (2016). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sparepart Sepeda Motor Merek Strong di Pekanbaru. Procuratio, 4(2), 139–159. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ginting, Y. M., & Bendri. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mist Blower Tasco di PT. Yanmarindo Perkasa Pekanbaru. Procuratio, 5(1), 48–57.
Heizer, Jay dan Barry Render. (2015), Operations Management (Manajemen Operasi), ed.11, Penerjemah: Dwi anoegrah wati S dan Indra Almahdy, Salemba empat, Jakarta. suryo agung nugroho. (2013). strategi pemasaran sekolah berbasis bauran pemasaran smkn1 ngawen gunung kidul. Nucleic Acids Research, 34(11), e77–e77.
Heryanto, Imam, (2015), Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan, Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 9, No. 2, Oktober 2015, 80-101 ISSN 2443-2121Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2009). Research Methods for Business: A Skill Building Approach 5th ed. United Kingdom: John Wiley and Sons.
Husein Umar, (2009), Metode Penelitian untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Edisi kedua, Rajagrafindo Persada Jakarta.Puspita Rini, Dyah, 2013. Pengaruh Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior, Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi Dan Bisnis Vol. 1 No. 1 April 2013
Kotler dan Amstrong. (2008). Manajemen Pemasaran. In Edisi 12 Jilid 2. Jakarta : Indeks.
Kotler, Philip dan Amstrong. (2012). Prinsip - Prinsip Manajemen. In edisi 14 jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13 Jakarta: Erlangga
Philip Kotler, (2002), Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
Kotler, Philip. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Mowen & Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga
Nugroho, S. A. (2013). Strategi Pemasaran Sekolah Berbasis Bauran Pemasaran; SMK N 1 Ngawen, Gunung Kidul. Program Pasca Sarjana, Magister MAnajemen Pendidikan, Universitas muhammadiyah Surakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Payne. (2008). The Essence of Service Marketing (Pemasaran Jasa). Jakarta: Salemba Empat..
Peter,J & Jerry C. Olson. (2009). Consumer bahavior perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Erlangga
Renandho Raditya Abdullah. (2017)“Pengaruh Sikap, Faktor Pribadi, dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Konsumen kartu Perdana SimPATI di GraPARI Malang)” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 42, No. 1
Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2009). Research Methods for Business: A Skill Building Approach 5th ed. United Kingdom: John Wiley and Sons.
Setiadi (2009). Budidaya Kentang (Pilihan Berbagai Varietas dan Pengadaan Benih). Jakarta: Penebar Swadaya.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif,Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syah. (2008) Pengaruh Faktor Psikologi dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Komputer di Lingkungan Mahasiswa. Studi Kasus Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Thomas W Zimmerer, N. M. S. (2008). Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat.
Tjiptono, Fandy (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3, Andi: Yogyakarta
Wijaya, Tony. (2007). Hubungan Adversity Intelligence dengan Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.Vol.9 No.2. September:117-127.
Yulianto, K., & Yuniarinto, A. (2012). Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Pertimbangan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah di Kota Medan. WACANA, Jurnal Sosial dan Humaniora, 13(4), 537-551.
Published
2019-12-28
How to Cite
GINTING, Yanti Mayasari; MARANTICA, Gita. ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA, FAKTOR SOSIAL, DAN FAKTOR PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN SEKOLAH SISWA PADA SISWA DI SEKOLAH TINGGI BURUH PEKANBARU. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 453-469, dec. 2019. ISSN 2580-3743. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/533>. Date accessed: 23 oct. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.