PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PASIEN NAIK KELAS RAWAT INAP DI RSU BUNDA BMC PADANG

  • Intan Kamala Aisyiah Universitas Andalas
  • Ratni Prima Lita Universitas Andalas
  • Ida Rahmah Burhan Universitas Andalas
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

In the era of National Health Insurance, inpatient installation is one of the hospital's potential revenue centers that are expected to support the hospital revenue. The patient as the consumer is the control holder when buying a health service. When the patient decides to upgrade the inpatient class, of course, there are many things that they should consider because in choosing a purchase, the consumers have different actions according to the characteristics of consumers. This research aims to analyze the influence of cultural factors, social factors, personal factors and psychological factors on the patient decision process to upgrade the inpatient class at General Hospital Bunda BMC Padang. In this research, the sample is the consumer who decided to upgrade the inpatient class at General Hospital Bunda BMC Padang in 2019 period. The data collection method uses a questionnaire method that has distributed to 100 respondents. For the data analysis technique, the researcher uses multiple linear regression analysis, t-test  and the coefficient determination using SPSS Version 16. The hypothesis test result using t-test shows us that H1, H2, H3, and H4 have accepted, it means that the variable of cultural factors, social factors, personal factors, and psychological factors have significant influence on the patient decision process to upgrade the inpatient class. The coefficient determination is 60.6%. These four variables influence the dependent variable as much as 60.6%, while 39.4% is influenced by other variables that do not discuss in this research.


Di era Jaminan Kesehatan Nasional, instalasi rawat inap merupakan salah satu potential revenue center bagi rumah sakit yang diharapkan dapat mendukung pendapatan rumah sakit.Pasien selaku konsumen adalah pemegang kendali dalam menentukan pembelian suatu layanan kesehatan. Pada saat pasien mengambil keputusan untuk naik kelas rawat inap,tentu akan ada banyak hal yang dipertimbangkan karena dalam melakukan keputusan pembelian, konsumen memiliki perilaku yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap proses keputusan pasien naik kelas rawat inap di RSU Bunda BMC Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengambil keputusan naik kelas rawat inap di RSU Bunda BMC Padang periode tahun 2019.Metodepengumpulandatadalampenelitianiniadalahmetodeangketyangdisebarkan kepada 100 orang responden. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, uji t, dan koefisien determinasi dengan pemanfaatan program SPSS Versi 16. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t, disimpulkan H1, H2, H3, dan H4 diterima, menunjukkan bahwa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis memiliki pengaruh terhadap proses keputusan pasien naik kelas rawat inap. Koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah 60,6%. Keempat variabel ini mempengaruhi variabel  dependen sebesar 60,6%, sedangkan 39,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

References

Aminuddin, M dan Susanto (2013).Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pasien Dalam Memanfaatkan Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Nanggulan.Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit Volume 2 Nomor 2
Andespa, Roni (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah.Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan Volume 2 Nomor 1
Arianto, Wahyu L (2011). Perencanaan Peningkatan Mutu Layanan BerdasarkannMetode House Of Quality. Jurnal Administrasi Kebijakan dan Kesehatan Volume 9 Nomor 2
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial-BPJS (2016). Kenaikan Iuran Untuk Pemantapan Pelayanan. Info BPJS Kesehatan Edisi 32. Jakarta
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial-BPJS (2019). KIS Jadi Program Pemerintah Paling Dirasakan Manfaatnya Versi Alvara Research. Jakarta. Diakses pada 7 Februari 2019; https://www.bpjs-kesehatan.go.id
Depkes (2004).Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.
Friantoro, Dian dan Endra Murti Sagoro (2016).Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Dan Pribadi Terhadap Keputusan Mengambil Kredit Pada KP-RI Bina Mandiri. Jurnal Profita Edisi 5
Kemenkes (2014).Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
Kemenkes (2018).Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 51 Tahun 2018 tentang Pengenaan Urun Biaya Dan Selisih Biaya Dalam Program Jaminan Kesehatan
Kotler, Philip dan Keller (2017).Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua belas.Jilid 1.Indeks. Jakarta
Mosadeghrad, Ali Mohammad (2014). Patient Choice Of A Hospital: Implications For Health Policy And Management. International Journal of Health Care Quality Assurance Volume 27
Pabalkar, Vanishree; Komal Chopra et al (2019).Influence of Relationship Marketing on Patients’ Decision In Selection of Eye Hospitals. Diakses pada 31 September 2019;http://ssrn.com/link/2019-Int-Conf-MediaEthics.html
Palupi, Joys K. N, Viera Wardhani dan Sri Andarini (2016).Determinan Pilihan Naik Kelas Perawatan Rumah Sakit Dari Kelas I Ke Kelas VIP.Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia.Volume 5 Nomor 4
Peter dan Olson (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Salemba Empat. Jakarta
Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Kementrian Kesehatan RI
Profil Kesehatan Kota Padang Tahun 2017.Dinas Kesehatan Kota Padang
Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat
Sampeluna, Noviana, Balqis dan Asiah Hamzah (2013). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja.Diakses pada 25 Oktober 2019;https://www.semanticscholar.org/paper/FAKTOR-YANG-BERHUBUNGAN-DENGAN-PEMANFAATAN-DI-RSUD-Sampeluna-Hamzah/f84e3c0b4fbad0e1ccc8891a3fd139de2034c8f2
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah (2013).Perilaku Konsumen. Andi. Yogyakarta
Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar (2013).Consumer Behaviour.8th edition.Prentice Hall. New Jersey
Sekaran, Uma dan Bougie, R (2016).Research Methods For Bussines. A Skill Buiding Approach.Seventh Edition.Wiley. United Kingdom
Setiawan, Teguh dan Ulil Amri (2017).Analisis Pengaruh Faktor Kebudayaan, Sosial, Dan Pribadi Terhadap Perilaku Nasabah Dalam Menabung di Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang. Jurnal Aset Volume 15 Nomor 1
Suryani, Tatik (2008). Perilaku Konsumen : Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Wang (2004).An Investigatin Of Chinase Immigrant Consumer Behaviour In Toronto, Kanada. Journal of Retailing and Consumer Service Nomor 11
Published
2019-12-28
How to Cite
AISYIAH, Intan Kamala; LITA, Ratni Prima; BURHAN, Ida Rahmah. PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PASIEN NAIK KELAS RAWAT INAP DI RSU BUNDA BMC PADANG. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 407-419, dec. 2019. ISSN 2580-3743. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/519>. Date accessed: 23 oct. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.