GAYA HIDUP, INOVASI PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK: DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG

  • Evelyn Wijaya Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Layla Hafni Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Stefani Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

The need for smartphone has become part of the primary needs that are considered important for most of today's modern society, especially in line with the development of the digital era. This phenomenon supports the emergence of many smartphones that offer their products as effort to fulfill people's needs for communication technology. The purpose of this research was to analyze the influence of lifestyle, product innovation, price, and brand image on purchasing decisions for Samsung smartphone in Pekanbaru City. Population of this research was consumers who have purchased Samsung smartphone. The research sample used was 150 respondents using accidental sampling technique. The technique for data analysis used was multiple regression analysis assisted by SPSS. The research findings showed that lifestyle, product innovation, price and brand image had a positive and significant effect on purchasing decisions. Lifestyle and brand image becomes the dominant variable in consumer purchasing decisions.


Kebutuhan akan smartphone telah menjadi bagian dari kebutuhan primer yang dianggap penting bagi sebagian besar masyarakat modern saat ini terutama seiring dengan perkembangan era digital. Fenomena ini mendukung munculnya banyak smartphone yang menawarkan produknya sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan teknologi komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh gaya hidup, inovasi produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone Samsungdi Kota Pekanbaru. Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah membeli smartphone Samsung. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 150 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisa data menggunakan analisa regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa gaya hidup, inovasi produk, harga dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup dan citra merek menjadi variabel yang dominan dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen.

Author Biographies

Layla Hafni, Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Departement of Management

Stefani Chandra, Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Departement of Management

References

Al Rasyid, H., & Tri Indah, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49.
Amron, A. (2018). The Influence Of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, And Price On The Consumer’s Buying Decision Of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228.
Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016). Brand Image And Product Price; Its Impact For Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 219, 221–227. Ernawati, D. (2019). Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Wawasan Manajemen, 7, 17–32.
J. Paul Peter, & C. Jerry Olson. (2010). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kota Bekasi. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), Vol.3(No.7), 220.
Kaharu, D., & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN : 2461-0593, 5(3), 1–24.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Krystia, T., & Widiyanto, I. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek,Presepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto (Studi Kasus Pada Konsumen Di Bandeng Presto Semarang). Journal Of Management, Vol.1(No.2), 58–66.
Lingkan, M. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol.16(No.01), 493–502.
Lomboan, R., Tampi, J. R., & Mukuan, D. D. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Manado Town Square. Productivity, 1(3), 256–260.
Buyung, S., Mandey, S. L., & Sumarauw, J. S. B. (2016). Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Tiga Roda Di Toko Lico. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 376–386.
Muharam, W., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(2014), 1–15.
Setiadi, J. N. (2010). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen, Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Rares, A., & Jorie, R. J. (2015). Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Bengkel Gaoel Manado Town Square. Jurnal EMBA, 3(2), 592–604.
Saputra, R., Sasongko, & Budiharjo, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Klanrock House Concept Store Di Jember. Jurnal Sospol, 1–14.
Stanton, W. J. (2016). Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Suhaily, L., & Darmoyo, S. (2017). Effect Of Product Quality, Perceived Price And Brand Image On Purchase Decision Mediated By Customer Trust (Study On Japanese Brand Electronic Product). Jurnal Manajemen, 21(2), 179–194.
Warayuanti, W., & Suyanto, A. (2015). The Influence Of Lifestyles And Consumers Attitudes On Product Purchasing Decision Via Online Shopping In Indonesia. European Journal Of Business And Management, 7(8), 74–80.
https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prUS47410621
https://tekno.kompas.com/read/2021/03/17/11320087/daftar-5-besar-merek-smartphone-di-indonesia-vivo-masih-teratas?page=all
Published
2021-09-30
How to Cite
WIJAYA, Evelyn; HAFNI, Layla; CHANDRA, Stefani. GAYA HIDUP, INOVASI PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK: DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 244-252, sep. 2021. ISSN 2580-3743. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/1306>. Date accessed: 04 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i3.1306.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.