ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA SERVIS PADA TOKO SINAR SURYA MOTOR PEKANBARU

  • Dadi Komardi STIE Pelita Indonesia
  • Yudi Yudi STIE Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality variables consisting of tangible dimensions, reliability, responsiveness, assurance, emphaty have an influence on the decision of the buyer who use the service at Sinar Surya Motor Store. The data used are primary data and secondary data, population of this research is 1.689 and sample in this research is 100 responder. Data analysis technique used is Descriptive Analysis, Hypothesis Analysis with Model Test and Determination Test followed by Partial Test (t test). The results of this study indicate that the results of tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy statement in the results of service quality testing and purchasing decisions indicate that the results of this study have an effect and significant. Suggestion of this research is recommend to user which is company to improve service quality in tangible dimension, reliability, responsiveness, assurance, emphaty to improve purchasing decision.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel – variabel kualitas pelayanan jasa yang terdiri dari dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty memiliki pengaruh terhadap keputusan pembeli yang menggunakan jasa servis di Toko Sinar Surya Motor. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, populasi penelitian ini adalah 1.689 dan sampeldalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Analisis Hipotesis dengan Uji model dan Uji Determinasi yang dilanjutkan dengan Uji parsial (Uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pernyataan tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty di hasil pengujian kualitas pelayanan dan keputusan pembelian menunjukkan bahwa hasil penelitian ini berpengaruh dan signifikan.Saran penelitian ini adalah merekomendasi kepada pengguna yang merupakan perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty untuk meningkatkan keputusan pembelian.

References

Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agri Bisnis, edisi satu, cetakan pertama.Bumi Aksara. Jakarta.
Ghozali. 2009. Teknik Analisis Data. Gramedia. Jakarta.
Kotler dan Armstrong. 2007. Dasar-dasar pemasaran. Alih bahasa oleh Alexander Sindoro. PT.Indeks. Jakarta.
Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas. PT. Indeks. Jakarta.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gray. 2008.Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12. Erlangga.Jakarta.
Mulyana, Iman. 2008.Keputusan Pembelian, Seri Manajemen Pemasaran, Mone. Jakarta.
Nopita. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Seragam Sekolah (Studi pada toko Maju Bandar Lampung). Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Rangkuti. Freddy (2009). Strategi Promosi yang kreatif dan analisis kasus integranted Marketing Communication. PT. Gramedia. Jakarta.
Sejati, BayuSutrisna Aria. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STESIA). Surabaya.
Soenawan, Alfredo Dwitama dan Malonda, Edward Stephen. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian KonsumenD’stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Purba. Surabaya.
Subagio, Ahmad. 2010.Marketing In Business, Edisi pertama.Mitra Wacana Media.Jakarta.
Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Bisnis.Alfabeta. Bandung.
Suharno, Edi Novianto. 2007.Kualitas Pelayanan Hotel Graha Cakra Malang Jawa Timur Berdasarkan Kepuasan Komsumen. Tesis S2 UGM. Yogyakarta.
Sulistiono, Meliana et al. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Study Kasus Pada Giant Hypermarket. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan. Bogor.
Suliyanto. 2011.Ekonometrika Terapan : Teori & Aplikasi dengan SPSS.Penerbit Andi Offset. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2004.Manajemen Jasa. Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2009.Strategi Promosi Yang Kreatif, edisi pertama, cetakan pertama.Gramedia Pustaka Utama.Jakarta.
Usmara, Usi. 2008.Pemikiran Kreatif Pemasaran, cetakan pertama.Amara Books.Yogyakarta.
Zulkarnaim, Tommy. 2015. Pengaruh Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Surabaya. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STESIA). Surabaya.
Published
2018-09-30
How to Cite
KOMARDI, Dadi; YUDI, Yudi. ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA SERVIS PADA TOKO SINAR SURYA MOTOR PEKANBARU. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 333-345, sep. 2018. ISSN 2580-3743. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/130>. Date accessed: 27 jan. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.