ANALISIS PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA TENAGA PENJUALAN PADA BANK CIMB NIAGA PEKANBARU

  • Resti Riandi STIE Persada Bunda
  • Irwan Kurniawan STIE Persada Bunda
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of compensation and motivation variables on job satisfaction and employee performance and the effect of job satisfaction on sales force performance at Bank CIMB Niaga Pekanbaru. The population in this study were all permanent employees at Bank CIMB Niaga Pekanbaru who were in the sales division or more precisely to the sales force using path analysis. The sample in this study uses census technique where the population is the same as the sample, namely 37 respondents who are all permanent employees of the sales division (Sales Force). From the research results it is known that compensation and motivation have a significant positive effect on job satisfaction and motivation has a significant positive effect on performance. Only compensation has no significant effect on performance. The company pays more attention to and improves the dominant factors in this study.


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel kompensasi,  dan motivasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan serta pengaruh kepuasan kerja ke kinerja tenaga penjualan pada Bank CIMB Niaga Pekanbaru . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap pada bank CIMB niaga pekanbaru yang berada pada divisi penjualan atau lebih tepatnya kepada tenaga penjualan (Sales Force) dengan menggunakan path analisis . Sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik sensus dimana jumlah populasi sama dengan sampel yaitu  37 responden yang merupakan seluruh karyawan tetap divisi penjualan (Sales Force). Dari hasil penelitian diketahui bahwa kompensasi dan motivasi memberikan pengaruh yang positif signifikan terhadap kepuasan kerja dan motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja.  Hanya kompensasi yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Pihak perusahaan lebih memperhatikan dan meningkatkan faktor-faktor yang dominan dalam penelitian ini.

References

Bangun, W. (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Erlangga.
Dhermawan, I. G. (2012) ‘Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali’, Vol. 6 No.
Handoko, T. hani (2008) Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Liberty : Yogyakarta.
Hardiyana, A. F. N. (2016) ‘Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Karyawan’, Vol. 10, pp. 104–118.
Hasibuan (2013) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Kasenda, R. (2013) ‘Kompensasi Dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bangun Wenang Beverages Company Manado’, Vol.1 No.3, p. ISSN 2303-1174 , 853-859.
Mardahleni (2013) ‘Pengaruh Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (PT. Biro Distribusi Dan Transfortasi) pada PT. Semen Padang-Mardahleni’, Vol.1 No.1.
Murti, Srimulyani, V. A. (2013) ‘Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Variabel Pemediasi Kepuasan Kerja Pada PDAM Kota Madiun.Universitas Katolik Widya Mandala Madiun’.
Murty, Hudiwinarsih, G. (2012) ‘Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Komitmen Organisasional’, 2. doi: 10.14414/tiar.v2i02.97.
Novianto Dwi (2015) ‘Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pt Galang Kreasi Sempurna’, Vo.4 No.6.
Pangabean, M. . (2010) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.
Putri, D. (2014) ‘Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Account Officer Pada Bank Swasta Di Singaraja’, Vol.2 No.1.
Rivai, Veithzaldan Sagala, E. J. (2010) Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Sanusi, A. (2013) Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
Sari, E. (2009) ‘Pengaruh Kompensasi Dan Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja. Bisnis & Birokrasi’, ISSN 0854.
Silalahi, U. (2013). Asas-asas Manajemen. Cetakan Kedua, Bandung: PT Refika Aditama.
Wibowo (2016). Manajemen Kinerja. Edisi kelima.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Published
2021-09-30
How to Cite
RIANDI, Resti; KURNIAWAN, Irwan. ANALISIS PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA TENAGA PENJUALAN PADA BANK CIMB NIAGA PEKANBARU. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 347-354, sep. 2021. ISSN 2580-3743. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/1234>. Date accessed: 04 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i3.1234.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.