FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN NILAI PERUSAHAAN

  • Suyono Suyono Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Suhardjo Suhardjo Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Nicholas Renaldo Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Sudarno Sudarno Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Suci Fitria Sari Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

The development, technology, and the rapidly growing economy in Indonesia have an impact on corporate social responsibility and corporate value. This study aims to determine whether ROA, CR, DER affect Corporate Social Responsibility and Company Value. The population in this study were 22 textile and garment manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2019. The sample of this research is 17 companies selected based on the purposive sampling technique. Secondary data obtained on the IDX and Finance.yahoo.com. The exogenous variables used are ROA, CR, and DER. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using SmartPLS software. The results of this study indicate that the variables ROA and DER have no significant effect on CSR, while CR has a significant effect on CSR. The ROA, CR, and DER variables have a significant effect on Firm Value, while CSR has no significant effect on Firm Value. Manufacturing companies, especially the textile and garment sub-sector, are expected to continue to increase their CSR activities in accordance with the GRI-G4 disclosure standards, and be transparent in disclosing information about company activities related to corporate social responsibility (Corporate Social Responsibility) in their annual reports.


Perkembangan pembangunan, teknologi serta perekonomian di Indonesia yang semakin berkembang pesat berdampak pada tanggung jawab sosial perusahaan dan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ROA, CR, DER berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan. Populasi penelitian ini adalah 22 perusahaan manufaktur sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Sampel penelitian ini sebanyak 17 perusahaan yang diseleksi berdasarkan teknik purposive sampling. Data sekunder yang diperoleh di BEI dan Finance.yahoo.com. Variabel eksogen yang digunakan adalah ROA, CR, dan DER. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ROA dan DER tidak signifikan terhadap CSR, sedangkan CR berpengaruh signifikan terhadap CSR. Pada variabel ROA, CR, dan DER berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan CSR berpengaruh tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Perusahaan manufaktur khususnya sub sektor tekstil dan garmen diharapkan terus menambah aktivitas CSR sesuai dengan standar pengungkapan GRI-G4, dan transparan dalam mengungkapkan informasi tentang kegiatan-kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) pada laporan tahunan

References

Ardimas, Wahyu. Wardoyo. 2014. “Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Go Public Yang Terdaftar Di BEI.” Manajemen Dan Bisnis 18 Nomor 1: 57–66.
Budimanta, Arif. 2010. Corporate Social Responsibility Jawaban Dari Pembangunan Indonesia Masa Kini, Indonesian Center for Sustainable Development (ICSD). Jakarta.
Chaidir. 2015. “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Dan Pertumbuha Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014.” Jurnal Ilmiah Manajemen 1 No. 2 : 1–21.
Danang, Sunyoto. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.
Darmadji, Tjiptono. Fakhrudin. 2012. Pasar Modal Indonesia. Edisi Keti. Jakarta: Salemba Empat.
Elkington, John. 1998. Cannibals With Forks: The Triple Bottom Line in 21st Century Business. Print book. Gabriola Island, BC ; Stony Creek, CT : New Society Publishers.
Febriyanto, F.C. Nurwiyanta. 2014. “Pengaruh Return On Equity (ROE), Return On Assets (ROA), Dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Harga Saham Pada Sektor Real Estate And Property Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008–2011.” Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 5, No. 1: 19 – 30.
Ghozali, I. Latan, H. 2012. Partial Least Square : Konsep, Teknik Dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irhamna, Arma’atush. Jeni Susyanti. M. Khoirul ABS. 2019. “Analisis Kinerja Keuangan Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Go Public.” Jurnal Riset Manajemen.
Kasali, Rhenald. 2011. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Dan Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
———. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Khairunnisa, Tanty. Taufik. Kemas Muhammad Husni Thamrin. 2019. “Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Assets, Assets Growth, Current Ratio, Dan Total Assets Turnover Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan Vol. XIV.
Mahendra, Alfredo. Luh gede Sri artini.Aa Gede Suarjaya. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Manajemen, Stategi Bisnis, dan Kewirausahaan 6(2): 130–38.
Nafisah, Nila Izatun. Abdul Halim. 2018. “Pengaruh Return On Assets ( ROA ), Debt To Equity Ratio ( DER ), Current Ratio ( CR ), Return On Equity ( ROE ), Price Earning Ratio ( PER ), Total Assets Turnover ( TATO ), Dan Earning Per Share ( EPS ) Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar.” 6(2): 1–17.
Nur, Marzully. Denies Priantinah. 2012. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapancorporate Social Responsibility Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Berkategori High Profile Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia).” Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen 1(2).
Oktrima, Bulan. 2017. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris: PT. Mayora Indah, Tbk. Tahun 2011 – 2015).” 1(1): 98–107.
Purba, Ida Ayu Putri Laksmidewi. Made Reina Candradewi. 2019. “Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Csr Perusahaan Manufaktur Di Bei.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8(9): 5372.
Rahayu, Ernia Christi. 2015. “Dampak Kinerja Keuangan Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol 4.
Ramdhaningsih, Amalia. I Made Karya Utama. 2013. “Pengaruh Indikator GoOD Corporate Governance Dan Profitbilitas Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility.” Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Bali. Vol. 3 No.3.
Rosiana, Gusti Ayu Made Ervina. Gede Juliarsa. Maria M. Ratna Sari. 2013. “Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Volume 5. No.3.
Rosyadi, Risky Latif. 2015. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility.”
Rusdianto, Ujang. 2013. CSR Communication a Framework for PR Practitionsers. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sari, Rizkia Anggita. 2012. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen 1(2).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
———. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Wardani, Nurul Kusuma. 2013. “Wardani,Nurul Kusuma.” Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011).
Winardi, Ika Wahyu. 2013. “Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Kinerja Keuangan Bank Yang Terdaftarr Di Bursa Efek Indonesi.” Vol 1, No.3.
Yanti, I Guti Ayu Diah Novita. Ni Putu Ayu (2019) Darmayanti. 2019. “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan.” E-Jurnal Manajemen Vol. 8, No.4.
Yurika. Viriany. 2019. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR.” Jurnal Multiparadigma Akuntansi Vol. 1 No.3 : 703–11.
Zuliarni, Sri. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Mining And Service Di Bursa Efek Indonesia (BEI).” Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 3 No.1 : 36–48.
Published
2021-03-31
How to Cite
SUYONO, Suyono et al. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN NILAI PERUSAHAAN. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 88-100, mar. 2021. ISSN 2580-3743. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/1110>. Date accessed: 23 june 2021. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i1.1110.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.