PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI PEKANBARU

  • Dewi Sartika STIE PERSADA BUNDA
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

This study aims to analyze the effect of trust and convenience on online purchasing decisions in Pekanbaru. The research was conducted quantitatively with descriptive and causal research. The number of samples used in this study were 156 samples, namely consumers who have made online purchases. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires. While the sampling technique was done by purposive sampling. The data analysis technique used in this study is structural equation modeling (SEM) with the Amos 23 application. The results showed that trust has no effect on purchasing decisions, while convenience affects online purchasing decisions in Pekanbaru.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian secara online di Pekanbaru. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan riset deskripstif dan kausal. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 156 sampel, yaitu konsumen yang telah melakukan pembelian secara online. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah structural equation modeling (SEM) dengan aplikasi Amos 23. Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan kemudahan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di Pekanbaru.

References

Ardyanto, Heru Susilo, R. (2015). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 22(1), 85897.
BPS. (2019). Statistik E-Commerce 2019. https://www.bps.go.id.
BPS. (2020). Statistik E-Commerce 2020. https://www.bps.go.id.
Daryanto. (2013). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Fathollah, S., Aghdaie, A., Piraman, A., & Fathi, S. (2011). An Analysis of Factors Affecting the Consumer’s Attitude of Trust and their Impact on Internet Purchasing Behavior. International Journal of Business and Social Science, 2(23), 147–158.
Hair, J., Black, W., Babin, B., & A. (2008). (n.d.). Multivariate Data Analysis 5th Edition. New Jersey: Prentice Hall Inter national Inc.
Haryono dan Prawoto. 2013. (n.d.). Structural Equation Modelling. PT.IPU.
Hasan, A. (2010). Marketing dari mulut ke mulut/word of mouth marketing. Yogyakarta: Medpress. Yogyakarta: Medpress.
Hidayah, A. A. (2020, September 18). Masyarakat makin betah pantengi e-commerce. Lokadata.Id.
Indraini,Anisa. (2020). Jumlah Pedagang Online Melonjak 250% Selama Corona. April,28.2020, https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). (n.d.). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 Jilid 1 ed.). (B. Molan, Penerj.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, and Keller, K. lane. (2016). Manajemen Pemasaran Jilid 1, ed. 13, Terjemahan Bob Sabran, MM. Erlangga. Jakarta. (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Laudon, Kenneth C., and jane P. L. (2012). Management Information systems. New Jersey: Person Education,inc. New Jersey: Person Education,inc.
Lestari, I. T. & Widyastuti, W. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Belanja Online (Studi Pada Pengguna Tokopedia). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 478–484.
Miklos. (2002). Mengenal E-Commerce. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, 58(3), 20. https://doi.org/10.2307/1252308
Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143–152. https://doi.org/10.12777/jati.8.3.143-152
Napitupulu, T. A., & Kartavianus, O. (2014). A Structural Equations Modeling of purchasing decision through e-commerce. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 60(2), 358–364.
Sangadji, E.M., dan S. (2013). Prilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Suhir, M. (2014). Survei Terhadap Pengguna Situs Website www.Kaskus.co.id. 8(1).
Turban, E. E. al. . 2010. (n.d.). Electronic Commerce: A managerial Perspective. New Jersey: Pearson prentice Hall, inc.
Vania, F. S. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Agora, 5(1), 1–7.
Wahyuni, S., Irawan, H., & Sofyan, E. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online di Situs Zalora.co.id. E-Proceeding of Management, 4(2), 1405–1412.
Published
2021-09-30
How to Cite
SARTIKA, Dewi. PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI PEKANBARU. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 253-262, sep. 2021. ISSN 2580-3743. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/1102>. Date accessed: 04 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i3.1102.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.