PENGARUH KUALITAS PRODUK,HARGA,BRAND TRUST DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CV MITRA MATRA MANDIRI PEKANBARU

  • Lewis Lewis Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Silvia Sari Sitompul Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

This study aims to determine: (1) the effect of significant sales growth on net profit margin (NPM) at PT Unilever, Tbk, (2) the effect of working capital turnover (WTC) at PT Unilevet, Tbk, and (3) the effect of Simultaneous growth in sales and working capital turnover (WTC) against net profit margin (NPM) at PT Unilever Tbk. This research is a type of associative research. The population of this study is the one used in this study, namely financial statement data and sales growth for 15 years with a research sample for 10 years from 2010 to 2019. The data analysis techniques used are normality test, multicolonierity test, autocorrelation test, heteroscedicity test. , multiple linear regression analysis, correlation analysis, coefficient of determination, significance test (t-statistical test) and simultaneous regression coefficient test (F test). The results showed that: The variable effect of sales growth obtained a significance value of 0.540> 0.05 and the t value - 0.644 <t table 2.365, meaning that sales growth did not have a significant effect on the Net Profit Margin (NPM), the first hypothesis was rejected. And the variable effect of working capital turnover above obtained a significance value of 0.773> 0.05 and a value of t count - 0.299 <t table 2.365, meaning that working capital turnover has no significant effect on Net Profit Margin (NPM), the second hypothesis is rejected. From the ANOVA test or F test, it is obtained a significance value of 0.782> 0.05 and a calculated F value of 0.254 <F table 4.46, which means that the turnover of working capital has no significant effect on the Net Profit Margin (NPM), the third hypothesis is rejected.


Penggunaan genset saat ini menjadi sebuah kebutuhan penting bagi semua orang.Genset memiliki manfaat bagi setiap orang yaitu memberikan cadangan energi dalam keadaan darurat. Di CV Mitra Matra Mandiri terdapat  merek genset yang di gunakan oleh konsumen yaitu merek Cummins dan Isuzu. Genset merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat sehingga aktivitas kerja tidak terhambat oleh adaya pemadaman listrik baik di kantor maupun toko .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga, Brand Trust  dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen  di CV Mitra Matra Mandiri Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelaja di CV Mitra Matra Mandiri Pekanbaru.Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling sehingga jumlah sampel penelitian ini adalah 120 responden.Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di CV Mitra Matra Mandiri Pekanbaru, Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di CV Mitra Matra Mandiri Pekanbaru. Brand Trust  berpengaruh tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di CV Mitra Matra Mandiri Pekanbaru dan Kualitas Pelayanan berpengaruh tidak  signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di CV Mitra Matra Mandiri Pekanbaru.

References

Asti, E. G., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Effect of Service Quality, Product Quality and Price on Consumer Satisfaction). Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 01(01), 1–14.
Aulia, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Damayanti, W. (2017). Pengaruh Experiental Marketing Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Toko Buku Gramedia Pontianak. Jurnal Manajemen Update 6(2).
Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gulla,R.,Oroh,S.G., Roring,F.(2015). Analisis harga,Promosi,Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn. 3(1), 170.
Imania, L. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Cabang Panjaitan, Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 341–349.
Karyono, S. B. (2015). Analisis Pengaruh Experiental Marketing Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Merek.
Kotler & Keller. (2012). Marketing Management 13. New Jersey:Pearson Prentice Hall.
Lumanauw, B.,& Manus,F.W.(2015). Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Layanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Tri Di Kelurahan Wawalintouan Tondano Barat. Emba, 3(2), 695–705.
Maramis,F.S.,Sepang,J.L.,&Soegoto,A.S.(2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1658–1667.
Nasirudin, M., D.Yulisetiarini,I.Suroso .(2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Word Of Mouth Perusahaan Conato di Jember. 68–86.
Putra, B. S. (2016). Pengaruh Experiental Marketing Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Aryaduta Di Pekanbaru. JOMFekom, 4(1), 1960–1970.
Razak,I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2).
Runtunuwu, J. G., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado.EMBA.
Saleleng,N.C.M.,Kojo,C.,&Karuntu,M.(2014). Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1057–1067.
Sari, D. D. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Sim Card Gsm Prabayar Xl Di Kota Yogyakarta). 1–158.
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1, 755–764.
Sudaryana, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia (Persero) Kota Tangerang. Journal of Management Review, 4(1), 447–455.
Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 04(1), 41–53.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Umami, R., Rizal, A., & Sumartik, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi.
Published
2021-06-30
How to Cite
LEWIS, Lewis; SITOMPUL, Silvia Sari. PENGARUH KUALITAS PRODUK,HARGA,BRAND TRUST DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CV MITRA MATRA MANDIRI PEKANBARU. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 112-121, june 2021. ISSN 2527-8215. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/article/view/1370>. Date accessed: 24 oct. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.