PENGARUH FIRM SIZE, GROWTH DAN ADVERTISING TERHADAP PROFITABILITAS DAN RETURN SAHAM PERUSAHAAN SUBSEKTOR FARMASI DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2019

  • Stefani Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Jessica Millenia Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

This study aims to determine the effect of firm size, growth and advertising on the profitability and stock returns of pharmaceutical subsector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The population in this study includes all pharmaceutical subsector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period of 2015-2019, namely 10 companies. The sampling technique used was purposive sampling method which were based on predetermined criterias and 8 companies were obtained as the samples. The analysis method used in this study was multiple linear regression analysis using SmartPLS 3. The results indicated that firm size has a significant effect on profitability, while growth and advertising have no significant effect on profitability. Firm size, growth, advertising and profitability have no significant effect on stock returns.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh firm size, growth dan advertising terhadap profitabilitas dan return saham perusahaan subsektor farmasi di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019 yaitu sebanyak 10 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan diperoleh sampel sebanyak 8 perusahaan. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil yang diperoleh adalah firm size berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan growth dan advertising tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Firm size, growth, advertising dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.

References

Aisah, A. N., & Mandala, K. (2016). Pengaruh Return On Equity, Earning Per Share, Firm Size Dan Operating Cash Flow Terhadap Return Saham. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(11), 6907–6936.
Alma, B. (2009). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: CV. Alfabeta.
Anggarsari, L., & Aji, T. S. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Perputaran Modal Kerja Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas (Sektor Industri Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Jurnal Ilmu Manajemen, 6(4), 542–549.
Arista, D., & Astohar. (2012). Analisisi Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Return Saham (Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di BEI Periode Tahun 2005-2009). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan, 3(1), 1–15.
Budiasih. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 59–72.
Chandra, T., Junaedi, A. T., Wijaya, E., Chandra, S., & Priyono. (2019). The Co-Determinant of Capital Structure and Profitability Based on the Supply Chain Strategy: Evidence from Manufacturing Sector in Indonesia. International Journal of Supply Chain Management, 8(6), 705–717.
Damayanti, & Hartini. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Utang pada Perusahaan Sektor Consumer Goods di BEI Periode 2008-2012. STIE MDP.
Dawar, V. (2014). Agency Theory, Capital Structure and Firm Performance: Some Indian evidence. Managerial Finance, 40(12), 1990–1206.
Eduardus.T. (2014). Portofolio dan Investasi (Edisi Pertama). Yogyakarta: BPFE.
Fahmi. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, Irham. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung.: Alfabeta.
Fauzi, M. N., & Suhadak. (2015). Pengaruh Kebijakan Dividen Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Profitabilitas (Studi Pada Sektor Mining Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 24(1), 1–10.
Ghozali. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan. (2012). Partial Least Square: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, A. (2017). Pengaruh Intensitas Penelitian Dan Pengembangan, Intensitas Periklanan, Dan Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2011-2015). 1–88.
Harahap, S. (2013). Analisis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hariyanto, L., & Juniarti. (2014). Pengaruh Family Control, Firm Risk, Firm Size Dan Firm Age Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan Pada Sektor Keuangan. Business Accounting Review, 2(1), 141–150.
Hermono, A., Apriatni, E., & Widayanto. (2012). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan Permen Tolak Angin pada PT. Muncul Mekar Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1).
Horne, J. C. Van, & Warchowicz, J. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Jogiyanto. (2003). Teori Portofolio dan Analisis Pasar Modal (Edisi Ketiga). Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Jogiyanto, H. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi ketujuh). Yogyakarta: Ekonisia.
Joshi, A., & Hanssens, D. M. (2004). Advertising Spending and Market Capitalization. Working Paper Series Marketing Science Institute, 4(2), 79–95.
Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Kennedy, M., & Kennedy., J. (2013). The Oxford Dictionary of Music. United Kingdom.: Oxford University Press.
Kim, Y., & Jaewoo, J. (2013). The Moderating Effect of Product Market Competition In the Relationship Between Advertising Expenditures and Sales. Journal of Applied Business Research, 1061-1076.
Kotler, P. (2000). Marketing Essentials. Northwestern University: Prentice-Hall,Inc.
Kurniawan, A., & Yusra, I. (2019). Apakah Profitabilitas Dan Nilai Buku Berdampak Terhadap Return Saham?: Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45.
Muljono. (2002). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Risiko Sistematis Saham Industri Barang-Barang Konsumsi pada BEJ. Semarang: Tesis Program Studi Magister Manajemen. Universitas Diponegoro.
Munawir, S. (2010). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.
Nugroho, B. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham (Studi Empiris Perusahaan Automotive and Component yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2011). Semarang: Universitas Diponegoro.
Oroh, M. M., Rate, P. Van, & Kojo, C. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Return Saham Pada Sektor Pertanian Di BEI Periode 2013-2017. Jurnal EMBA, 7(1), 661–670.
Prayogo, M. H. (2017). Peran Strategi Diferensiasi Sebagai Variabel Moderasi Dalam Pengaruh Belanja Iklan Terhadap Nilai Perusahaan. 1–98.
Prayogo, M. H., Kunaifi, A., & Wibawa, B. M. (2017). Peran Strategi Diferensiasi dalam Pengaruh Belanja Iklan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), D-62-D-67.
Qodari, N. L. (2017). Pengaruh Growth, DFL, Dan ROE Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Pertambangan Batubara Di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(1), 1–15.
Ratnasari, L. (2016). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Otomotif di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6), 1–15.
Rohmah, F. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Return On Investement (ROI), dan Growth Terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan yang Listing di LQ-45 Periode 2009- 2011). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen “Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategi”.Jakarta: Erlangga.
Sari, P. I. P., & Abundanti, N. (2014). Leverage Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 3(5), 1427–1441.
Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Serrasqueiro, Z. (2009). Growth on Profitability in Portuguese Companies: A Dynamic Panel Data Approach. Financial Economics Letters, 11(26), 565–573.
Sindonews.com. (2016). Menperin Usulkan Asing Kuasai Industri Bahan Baku from https://ekbis.sindonews.com/read/1076729/34/menprin-usulkan-asing-kuasai-industri-bahan-baku-obat-1452681396.
Sudana, I. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan : Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV.Alfabeta.
Sunariyah. (2011). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Swastini, N. K. (2010). Pengaruh Tingkat Penyaluran Kredit, Efektivitas Pengelolaan Hutang, Ukuran Perusahaan, dan Tingkat Pendidikan Badan Pengawas pada Rentabilitas Ekonomi Lembaga Perkreditan Desa di Kecamatan Denpasar Timur Periode 2005-2009.
Tumonggor, M., Murni, S., & Rate, P. Van. (2017). Analisis Pengaruh Current Ratio, Return On Equity, Debt To Equity Ratio Dan Growth Terhadap Return Saham Pada Cosmetics and Household Industry Yang Terdaftar Di BEI Periode 2010-2016. Jurnal EMBA, 5(2), 2203–2210.
www.idx.co.id
www.bps.go.id
http://finance.yahoo.com
Published
2021-06-30
How to Cite
CHANDRA, Stefani; MILLENIA, Jessica. PENGARUH FIRM SIZE, GROWTH DAN ADVERTISING TERHADAP PROFITABILITAS DAN RETURN SAHAM PERUSAHAAN SUBSEKTOR FARMASI DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2019. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 8-23, june 2021. ISSN 2527-8215. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/article/view/1119>. Date accessed: 24 oct. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.