IMPLEMENTASI ALGORITMA SEQUENTIAL MENGUNAKAN DIGITAL WALLET PADA SARANA ANGKUTAN UMUM MASAL KOTA PEKANBARU

  • Gusrio Tendra AMIK Tri Dharma Pekanbaru
Abstract viewed = 14 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 5 times

Abstract

Transaksi pembayaran yang disediakan oleh transmetro pekanbaru masih dilakukan secara manual, dimana penumpang yang ingin berpergian menggunakan transmetro harus terlebih dahulu melakukan pembayaran tiket melalui pihak transmetro pekanbaru. Hal ini tentunya masih mempersulit kegiatan transaksi,  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa, merancang serta membangun sebuah teknologi berbasis mobile yang digunakan sebagai media penyimpanan uang secara digital dan dapat digunakan dalam transaksi pada sarana angkutan umum masal (SAUM) yang ada dikota pekanbaru, yaitu bus transmetro pekanbaru. Pada aplikasi digital wallet yang dibangun, peneliti menambahkan algoritma sequential yang digunakan untuk membantu aplikasi dalam proses pencarian data berdasarkan nomor polisi bus, dan nomor induk penduduk pengguna layanan yang dijadikan sebagai acuan dalam pencatatan data transaksi. Penelitian ini akan berfokus untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam kegiatan transaksi pada transmetro pekanbaru, karena dari kegiatan yang terjadi saat ini, sangat sering sekali penumpang yang ingin menaiki transmetro pekanbaru tidak memiliki alat pembayaran berupa uang yang pas dengan biaya perjalanan. Dengan adanya aplikasi digital wallet berbasis teknologi mobile ini, mempermudah penumpang dalam bertransaksi tanpa harus menyediakan uang tunai dan tanpa harus merasa dirugikan jika tidak terdapat uang kembali atas transaksi perjalanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

KURNIAWAN, T. 2019. Rancang Bangun Aplikasi Pembayaran Cicilan Kredit Berbagai Toko Menggunakan Dompet Digital OVO. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 2(1), 95–102.
KUSNAWAN, A., DIANA, S., ANDY, A., & TJONG, S. 2019. Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 137–160.
MARINDA, A., & EFENDI, Y. 2019. Aplikasi Museum Sang Nila Utama Berbasis Mobile Dengan Teknologi 3d Augmented Reality Promosi Adalah Bagian Dan Proses Strategi Pemasaran Sebagai Cara Untuk Berkomunikasi Dengan Pasar , Dengan Menggunakan Komposisi Bauran Promosi / Promotional Mix ( Tasru. Joisie (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 3(1), 16–22.
SIREGAR, M., & PERNAMA, I. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Mobile Untuk Navigasi Ke Alamat Pelanggan Tv Berbayar (Studi Kasus: Indovision Cabang Pekanbaru). Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 82–94.
MULYANA, A., & WIJAYA, H. 2018. Perancangan E-Payment System pada E-Wallet Menggunakan Kode QR Berbasis Android. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 7(2), 63–69.
SETIAWAN, R. 2014. Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan (Studi Kasus Program Trans Metro Pekanbaru Tahun 2012- 2013). Jom FISIP, 1(2), 1–14.
SONITA, A., & SARI, M. 2018. Implementasi Algoritma Sequential Searching Untuk Pencarian Nomor Surat Pada Sistem Arsip Elektronik. Jurnal Pseudocode, 5(1), 1–9.
SURAHMAN, S., & SETIAWAN, E. B. 2017. Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan. Jurnal ULTIMA InfoSys, 8(1), 35–42.
UTAMI, M. C. 2019. Implementasi Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dalam Pemilihan E-Wallet Untuk Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Matrik, 21(3), 259–265.
Published
2020-12-30
How to Cite
TENDRA, Gusrio. IMPLEMENTASI ALGORITMA SEQUENTIAL MENGUNAKAN DIGITAL WALLET PADA SARANA ANGKUTAN UMUM MASAL KOTA PEKANBARU. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 84-90, dec. 2020. ISSN 2527-3116. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/796>. Date accessed: 17 jan. 2021. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v4i2.796.
Section
Articles