MODEL RANCANGAN APLIKASI PROMOSI USAHA REMPAH MENGGUNAKAN DESIGN THINKING

  • M. Hanif Abdurrohman UIN Suska Riau
  • Debi Setiawan Universitas Abdurrab
  • Liza Trisnawati Universitas Abdurrab
Abstract viewed = 118 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 125 times

Abstract

Berdasarkan data badan pusat statistik (BPS) Pada tahun 2019, 65.3% penduduk indonesia sudah menggunakan smartphone tapi masih memasarkan produk secara langsung. Sementara perkembangan pasar digital sudah mewarnai proses penjualan di era revolusi industri 4.0. Hal ini membuat pedagang harus betransformasi dari penjualan tradisional ke digital mengikuti perkembangan zaman. Berdasarkan permasalahan diatas rancangan yang digunakan sebagai solusi penjualan pedagang  adalah merancang model aplikasi promosi usaha rempah menggunakan design thinking. Design thingking adalah sebuah model konsep berpikir yang memberikan pendekatan berbasis solusi untuk memecahkan masalah kompleks dengan cara praktis, tetap kreatif dan tidak terbatas pada disain. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai awal perancangan aplikasi promosi usaha rempah yang ada di pekanbaru. Indonesia menduduki peringkat pertama produsen rempah dunia. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan aplikasi promosi usaha rempah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model rancangan design thinking dapat memaksimalkan proses perancangan aplikasi promosi usaha rempah berbasis android. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan evaluasi dari model yang dikembangkan terdapat 11% menyatakan perbaikan pada fungsionalitas fitur aplikasi dan 89% menyarankan untuk segera di terapklan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batmetan, J. R. (2018). Model Desain Thinking Pada Perancangan Aplikasi Mobile Learning. https://doi.org/10.31219/osf.io/xpzyr
BPS. (2020). Perkembangan Ekspor dan Impor Indonesia Desember 2019. No. 06/01/Th. XVIII, 15 Januari 2020, 36, 1–16.
BPS. (2021). Kabupaten Natuna Dalam Angka Natuna Regency In Fugures 2021.
Carroll, N., & Richardson, I. (2016). Aligning healthcare innovation and software requirements through design thinking. Proceedings - International Workshop on Software Engineering in Healthcare Systems, SEHS 2016, 1–7. https://doi.org/10.1145/2897683.2897687
Hakim, Nizar Faisal, Aliyadi, B. A. G. (2019). Penerbitan Artikel Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 59–69.
Kotler Philip, Kertajaya Hermawan, S. I. (2017). MARKETING 4.0.
Pereira, J. C., & Russo, R. de F. S. M. (2018). Design thinking integrated in agile software development: A systematic literature review. Procedia Computer Science, 138, 775–782. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.10.101
Pertanian, K. (2019). Rencana Strategis Kementrian Pertanian 2015 - 2019. 96–97.
Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 219. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1549
Setiawan, D. (2016a). Analisa Estimasi Penyeleksian Dosen Menggunakan Metode Backpropagation (Studi Kasus STMIK Amik Riau). Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3), 129–148. https://doi.org/10.25077/teknosi.v2i3.2016.129-148
Setiawan, D. (2016b). PENGUJIAN MUTU RPS ( Studi kasus : STMIK-AMIK RIAU ). 1(1), 9–19.
Published
2021-06-30
How to Cite
ABDURROHMAN, M. Hanif; SETIAWAN, Debi; TRISNAWATI, Liza. MODEL RANCANGAN APLIKASI PROMOSI USAHA REMPAH MENGGUNAKAN DESIGN THINKING. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 29-36, june 2021. ISSN 2527-3116. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/1365>. Date accessed: 04 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v4i2.1365.
Section
Articles