ANALISIS PENERIMAAN PERKULIAHAN V-CLASS DENGAN TEKNOLOGI ACCEPTANCE MODEL

  • Riswan Riswan Universitas Nurdin Hamzah
  • Nilawati Nilawati Universitas Nurdin Hamzah
Abstract viewed = 57 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 36 times

Abstract

Penerapkan v-class pada perkuliahan online pada masa pandemi Covid-19 telah tanggapi mahasiswa dengan berbagai macam respon baik positif mapun negatif. Untuk memperjelas keputusan yang dapat diambil akademik terhadap operasional v-class, maka dilakukanlah sebuah penelitian dengan metode pendekatan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengukur penerimaan sistem informasi perkuliahan berbasis v-class menurut persepsi mahasiswa. Pengukuran ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem dan mengetahui faktor yang mempengaruhi penerimaan dengan menggunakan Technologi Acceptance Model (TAM) Kuesioner digunakan sebagai instrumen pengukuran yang diperoleh dari 100 orang responden. Berdasarkan analisis deskriptif, nilai setuju responden terhadap kemudahan v-class adalah 3,98, nilai setuju kegunaan 3,84 dan nilai setuju variabel penerimaan v-class berada pada angka 3,88. Analisis regresi juga dilakukan pada penelitian ini untuk membuktikan dan mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, dimana terbukti bahwa persepsi kemudahan berpengaruh pada penerimaan, persepsi kegunaan berpengaruh pada penerimaan, persepsi kemudahan berpengaruh pada kegunaan, dan persepsi kemudahan dan kegunaan secara bersama-sama berpengaruh pada penerimaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amadu, L., Muhammad, S. S., Mohammed, A. S., Owusu, G., & Lukman, S. (2018). Using technology acceptance model to measure the use of social media for collaborative learning in Ghana. Journal of Technology and Science Education, 8(4), 321–336. https://doi.org/10.3926/jotse.383
Dartho Supriyadi. (2003). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEMANFAATAN, KECEMASAN, SIKAP DAN PENGGUNAAN KOMPUTER TERHADAP KINERJA DAN KEPUASAN KERJA AKUNTAN PENDIDIK.pdf. UPT Pustaka Undip.
Devi, N. L. N. S., & Suartana, I. W. (2014). Analisis Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 6(1), 167–184.
Diop, E. B., Zhao, S., & Duy, T. Van. (2019). An extension of the technology acceptance model for understanding travelers’ adoption of variable message signs. PLoS ONE, 14(4), 1–17. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0216007
Grandón, E. E., Díaz-Pinzón, B., Magal, S. R., & Rojas-Contreras, K. (2021). Technology Acceptance Model Validation in an Educational Context: A Longitudinal Study of ERP System Use. Journal of Information Systems Engineering and Management, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.29333/jisem/9582
Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. (2015). Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology, 7(4), 396–403. https://doi.org/10.9734/bjast/2015/14975
León-Mantero, C., Casas-Rosal, J. C., Pedrosa-Jesús, C., & Maz-Machado, A. (2020). Measuring attitude towards mathematics using Likert scale surveys: The weighted average. PLoS ONE, 15(October), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0239626
Liao, S., Hong, J.-C., Wen, M.-H., Pan, Y.-C., & Wu, Y.-. (2018). Applying Technology Acceptance Model (TAM) to explore Users’ Behavioral Intention to Adopt a Performance Assessment System for E-book Production. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10), 1–12. https://doi.org/10.29333/ejmste/93575
Smedley, J. (2016). Exploring students acceptance of e-learning using Technology Acceptance Model in Jordanian universities Exploring students acceptance of e-learning using Technology Acceptance Model in Jordanian universities Amer Al- Adwan Applied Science University , Jor. April 2013, 3–18.
Taherdoost, H. (2018). A review of technology acceptance and adoption models and theories. Procedia Manufacturing, 22, 960–967. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.03.137
Wijaya, R., & Jollyta, D. (2021). C5.0 Algorithm Implementation on Web-Based Software and Usability Evaluation. Sistemasi, 10(2), 394–403. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1260
Published
2021-07-13
How to Cite
RISWAN, Riswan; NILAWATI, Nilawati. ANALISIS PENERIMAAN PERKULIAHAN V-CLASS DENGAN TEKNOLOGI ACCEPTANCE MODEL. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 45-50, july 2021. ISSN 2527-3116. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/1316>. Date accessed: 04 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v5i1.1316.
Section
Articles