PENGARUH PEMAHAMAN ATAS TARIF, MEKANISME PEMBAYARAN, SANKSI, SOSIALISASI DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM (STUDI EMPIRIS PADA WAJIB PAJAK UMKM DI KPP PRATAMA BANJARBARU)

  • Ines Saraswati Machfiroh Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Eni Suasri Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Noor Amelia Politeknik Negeri Tanah Laut
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Taxes are one of the largest sources of income for the State of Indonesia, and taxes that UMKM include.  UMKM taxes are the largest source of state income through taxes because of their role in increasing the welfare of the community and meeting the needs of the community.  This research was conducted to determine whether there is an influence between tax rates, tax payment mechanisms, tax sanctions, tax socialization and taxpayer awareness of UMKM taxpayer compliance at KPP Pratama Banjarbaru.  In the process of this research was carried out by giving questions through a questionnaire to 100 taxpayers registered at KPP Pratama Banjarbaru. This research uses multiple linear regression analysis techniques which previously carried out the classical assumption test analysis.  Based on the results of the analysis that has been carried out, it is stated that the tax rate and tax payment mechanism have a significant effect on taxpayer compliance for UMKM, while tax sanctions, socialization of taxation and awareness of taxpayers do not have an effect on UMKM taxpayer compliance.


 



Pajak menjadi salah satu sumber pendapatan terbesar bagi Negara Indonesia, dan pajak yang UMKM termasuk didalamnya. Pajak UMKM menjadi sumber pendapatan Negara terbesar melalui pajak karena perannya yang mampu meningkatakan kesejahteraan masyarakat dan memenuhi kebutuhan di masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi pengaruh antara tariff pajak, mekanisme pembayaran pajak, sanksi pajak, sosialisasi perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di KPP Pratama Banjarbaru. Dalam proses penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan melalui kuisioner ke  wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Banjarbaru sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisa regresi linear berganda yang sebelumnya dilakukan analisa uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, dinyatakan bahwa mekanisme pembayaran pajak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak bagi UMKM, sedangkan tarif, sanksi, sosialisasi tentang perpajakan dan kesadaran akan wajib pajak tidak memiliki pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. 

References

Ananda, P. R. D. S. K. A. H. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Perpajakan (JEJAK), 6(2).
Darmayanti, Elmira Febri, dan Sri. R. R. (2017). Sosialisasi Pajak kepada Para Pedagang untuk Meningkatkan Kesadaran, Kepercayaan, dan Kepatuhan sebagai Wajib Pajak. Sinar Sang Surya, 1(1).
Dewi Wulandari, A. (2018). Pengaruh Pemahaman atas Mekanisme Pembayaran Pajak, Tarif Pajak, Sanksi Pajak dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Studi Empiris pada Wajib Pajak UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Surakarta).
Marihot, S. (2004). Utang Pajak, Pemenuhan Kewajiban, dan Penagihan Pajak dengan Surat Paksa. PT Raja Grafindo Persada.
Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.
Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan.
Prawagis, Febirizki Damayanty, Zahro Z.A, dan Yuniadi, M. (2016). Pengaruh Pemahaman atas Mekanisme Pembayaran Pajak, Persepsi Tarif Pajak, Sanksi Pajak terhadap Wajib Pajak UMKM. Jurnal Perpajakan (JEJAK), 10(1).
Resmi, S. (2016). Perpajakan: Teori dan Kasus (Ed. 9) (9th ed.). Salemba Empat.
Revisi PP No 46 Tahun 2013. (n.d.). https://www.online-pajak.com/pph-final-ukm-akan-dikurangi
Rusli, R. H. P. dan P. Basuki Hadiprajitno. (2014). Analisis Faktr-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 3(4), 1–13.
Septarini, D. F. (2015). Pengaruh Pelayanan, Sanksi Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak orang pribadi di KPP Pratama Marauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 5(1).
Wahyuningsih, T. (2016). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Tarif Pajak, Mekanisme Pembayaran Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Bidang Mebel di Surakarta.
Wicaksono, R. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Membayar Pajak Sesuai PP No. 46 Tahun 2013 Pada UMKM di Kabupaten Bantul. Jurnal Fokus Bisnis, 15(2).
Yusro, H. W. dan K. (2014). Pengaruh tarif pajak, mekanisme pembayaran pajak, dan kesadaran membayar pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kabupaten Jepara. Accounting Analysis Journal, 3(4).
Zahroh, F. D. P., & Mayowan, Y. (2016). Pengaruh Pemahaman atas Mekanisme Pembayaran Pajak, Persepsi Tarif Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Studi Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar di KPP Pratama Batu). In Jurnal Perpajakan (JEJAK) (Vol. 10, Issue 1).
Published
2020-12-29
How to Cite
MACHFIROH, Ines Saraswati; SUASRI, Eni; AMELIA, Noor. PENGARUH PEMAHAMAN ATAS TARIF, MEKANISME PEMBAYARAN, SANKSI, SOSIALISASI DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM (STUDI EMPIRIS PADA WAJIB PAJAK UMKM DI KPP PRATAMA BANJARBARU). Bilancia : Jurnal Ilmiah Akuntansi, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 418-431, dec. 2020. ISSN 2685-5607. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/BILANCIA/article/view/841>. Date accessed: 20 jan. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.