Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) untuk menentukan Safety Stock dan Reorder Point (Studi Kasus : PT. Sinar Glassindo Jaya)

  • Delpiero Ryando Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Pelita Indonesia
  • Wilda Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Pelita Indonesia
Abstract viewed = 377 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 834 times

Abstract

PT Sinar Glassindo Jaya adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan produk Toto yang berada di Pekanbaru. PT Sinar Glassindo Jaya belum menerapkan perhitungan ilmiah dalam mengelola stock barang. Penentuan pemesanan masih bersifat statis dengan mengacu pada jumlah permintaan tetap setiap bulannya bahkan terkadang hanya berdasarkan estimasi karyawan. Penerapan sistem seperti ini berdampak terhadap pengelolaan stock. Perusahaan tidak mampu memprediksi jumlah stock yang harus tersedia selama waktu tunggu pemesanan barang. Kelebihan dan kekurangan stock selama waktu tunggu dapat menimbulkan dampak tersendiri. Kekurangan stock menyebabkan tidak terpenuhinya permintaan konsumen yang berdampak pada penurunan kepercayaan dan berpotensi berpindah pada perusahaan kompetitor. Sedangkan apabila kelebihan stock maka berdampak terhadap meningkatnya biaya operasional khususnya penyimpanan barang. Oleh karena itu, solusi yang dapat diterapkan untuk memprediksi jumlah stock yang harus tersedia, reorder point dan jumlah stock yang haru dipesan adalah dengan menerapkan metode Economic Order Quantity (eoq). EOQ adalah sebuah metode untuk menentukan sejumlah produk yang harus dipesan untuk setiap kali pesan dengan biaya paling rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi dengan menerapkan metode EOQ yang berguna untuk mengolah data pembelian menjadi informasi yang berguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Hidayanto & Taufik (2007). Analisis Perbandingan Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Pendekatan Model EOQ dan JIT/EOQ. Jurnal Teknologi Industri, Vol. XI, No. 4, Oktober : 315-322.
[2] Jogiyanto, H.M. (2008). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.
[3] Nugroho, Adi. (2011). Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta : Andi Offset.
[4] Rangkuti, Freddy. (2004). Manajemen Persediaan. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
[5] Rahadian, Hadi. (2003). Membuat Laporan dengan Crystal Report 8.5 dan Visual Basic 6.0. PT Elex Media Komputindo : Jakarta.
[6] Rosa dan Shalahuddin. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung.
[7] Tantra, Rudy. (2012). Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.
[8] Yahya, Kurnia dan Nasrudin. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Persediaan Bahan Baku (Studi Kasus : PT. Makassar Mega Prima). Skripsi. Makassar
Published
2019-07-29
How to Cite
RYANDO, Delpiero; SUSANTI, Wilda. Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) untuk menentukan Safety Stock dan Reorder Point (Studi Kasus : PT. Sinar Glassindo Jaya). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi (JMApTeKsi), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 76-84, july 2019. Available at: <http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/400>. Date accessed: 23 apr. 2021.
Section
Articles